PENINGKATAN PEMAHAMAN VOCABULARY MELALUI METODE GUESSING MEANING FROM CONTEXT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS V SD LABORATORIUM PGSD FIP UNJ SETIABUDI JAKARTA SELATAN

EVA CHAIRISTA, . (2012) PENINGKATAN PEMAHAMAN VOCABULARY MELALUI METODE GUESSING MEANING FROM CONTEXT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS V SD LABORATORIUM PGSD FIP UNJ SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB IV plus grafik.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III pemahaman vocab.pdf

Download (474kB)
[img] Text
ABSTRAK eva.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I pemahaman vocab.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB V pemahaman vocab.pdf

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR GRAFIK eva.pdf

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
COVER EVA.pdf

Download (13kB)
[img] Text
daftar lampiran eva.pdf

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR eva.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR NILAI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL eva.pdf

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA eva.pdf

Download (198kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (254kB)
[img] Text
surat pernyataan keaslian skripsi eva.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (612kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI rani.pdf

Download (242kB)
[img] Text
HALAMAN PERSEMBAHAN eva.pdf

Download (75kB)

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mendapatkan data mengenai penerapan metode Guessing meaning from context untuk meningkatkan pemahaman vocabulary siswa di kelas V. Banyak ditemukan dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar guru belum dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Guru belum berupaya maksimal untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran di sekolah untuk memperoleh pembelajaran yang bermakna. Guru dituntut untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran dengan memilih pendekatan yang dituangkan dalam berbagai model dan metode pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa apakah ada peningkatan pemahaman vocabulary siswa yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa di kelas V SD. Penelitian ini dilakukan di SD Laboratorium PGSD FIP UNJ, khususnya di kelas V. penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Guessing meaning from context yang terdiri dari 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data pada siklus I persentase pemahaman vocabulary siswa sebesar 60%. Sedangkan siklus II menunjukkan kenaikan yang signifikan yaitu sebesar 100%. Adapun pada siklus I lembar pemantau tindakan pembelajaran dengan metode guessing meaning from context untuk aktivitas guru dan siswa sebesar 75% dan pada siklus II mencapai peningkatan hingga 90%. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Guessing meaning from context dapat meningkatkan pemahaman vocabulary siswa yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Implikasi Hasil Penelitian ini adalah bahwa metode guessing meaning from context dapat dijadikan metode pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman vocabulary siswa kelas V SD Laboratorium PGSD FIP UNJ Setiabudi Jakarta Selatan. ***** This study was to obtain data on the application of the method Guessing meaning from context to enhance students' understanding of vocabulary in class V. Many are found in the learning process in primary school teachers can not create a mengasikan learning activities for students. The teacher has not been effort to improve the quality and effectiveness of learning in school to obtain a meaningful learning. Teachers are required to develop learning activities by choosing the approach outlined in the various models and methods which can help develop students' thinking abilities. The purpose of this study was to analyze whether there is an increased understanding of students' vocabulary that includes aspects of cognitive, affective, and psychomotor elementary school students in the class V. The results showed that the obtained data on the percentage of comprehension vocabulary I cycle students by 60%. While the second cycle showed a significant increase in the amount of 100%. As for the cycle I worksheet monitors the act of learning by the method of guessing meaning from context for the activities of teachers and students by 75% and the second cycle of achieving increased by 90%. From the data obtained showed that by using the method Guessing meaning from context can enhance students' understanding of vocabulary that includes aspects of cognitive, affective, and psychomotor. Implications The results of this study is that the method of guessing meaning from context can be used as learning methods are used to enhance students' understanding of vocabulary class V SD Laboratorium PGSD FIP UNJ Setiabudi South Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Nidya Chandra M.U, S.Pd., M.Si. ; 2). Dra. Hj. Maratun Nafiah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 01:15
Last Modified: 08 Sep 2022 01:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35244

Actions (login required)

View Item View Item