SALSABILA IFTIITAH, . (2022) METODE BERNYANYI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (422kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (476kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
Abstract
Metode Bernyanyi dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia Dini. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data mengenai metode bernyanyi dalam mengembangkan kemampuan berbicara pada anak usia dini. Metode bernyanyi adalah metode yang menggunakan musik atau lagu dalam proses pembelajaran. Hal ini berkaitan dengan penggunaan lagu yang sesuai dengan usia dan dunia anak serta memiliki lirik lagu yang sederhana. Kemampuan berbicara pada anak usia dini adalah salah satu tahapan perkembangan bahasa yang dimiliki oleh anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu library research atau penelitian kepustakaan dengan teknik pengumpulan data dari 32 jurnal yang ditemukan hanya digunakan 15 jurnal dengan persentase 47% melalui pencarian artikel jurnal yang terdapat di google scholar yang sesuai dengan rumusan masalah. 15 jurnal tersebut dipilih untuk dianalisis sesuai dengan topik penelitian. Penelitian dilakukan di Jakarta pada November tahun 2021 hingga April 2022. Analisis penelitian yang dilakukan adalah dengan cara memberikan warna pada penjelasan yang relevan dengan penelitian, membuat catatan pinggir, dan membuat kategori serta tabel dari kategori tersebut. Lalu dalam penyajian data peneliti mendeskripsikan data-data hasil reduksi dan terakhir menarik kesimpulan. Hasil yang didapatkan dari penelitian kepustakaan ini adalah metode bernyanyi digunakan oleh guru PAUD untuk dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada anak usia dini. Metode bernyanyi difokuskan pada penggunaan lagu yang sesuai dengan tema kehidupan sekitar anak dan lirik yang sederhana, kegiatan bernyanyi sembari melakukan gerakan tubuh yang sesuai dengan lagu yang dinyanyikan, dan bernyanyi secara berulang-ulang di dalam kelompok besar. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tahapan pembelajaran melalui tahap perencanaan, tahap kegiatan dan tahap penilaian. Pada tahap perencanaan pengajar menyiapkan rencana kegiatan harian dan tema pembelajaran melalui metode bernyanyi. Lalu terdapat tahap kegiatan yang terdiri dari kegiatan awal, inti dan tambahan. Pada tahap ini metode bernyanyi dilaksanakan sesuai dengan rencana kegiatan harian yang telah diciptakan. Lalu terakhir pada tahap penilaian pengajar menilai hasil pembelajaran melalui metode bernyanyi. Akhirnya, melalui metode bernyanyi yang dikemas dalam kegiatan yang menggunakan tema lagu yang sesuai dengan perkembangan anak, dapat disimpulkan bahwa kegiatan menggunakan metode bernyanyi dengan musik dan lagu dapat membantu perkembangan berbicara anak usia dini. Singing Method in Developing Speaking Ability in Early Childhood. Thesis. Jakarta: Music Education Study Program, Faculty of Language and Arts, Universitas Negeri Jakarta. This study aims to obtain data on the singing method in developing speaking skills in early childhood. The singing method is a method that uses music or song in the learning process. This matter relates to the use of songs that are appropriate for the children's world and age that have simple song lyrics. The ability to speak in early childhood is one of the language development stages that early childhood possesses. The research method used in this study is library research based on data collection techniques of 32 journals found only used 15 journals with a percentage of 47% through a search for journal articles found on Google Scholar that matches the formulation of the problem. The 15 journals were selected for analysis according to the research topic. The research was conducted in Jakarta from November 2021 to April 2022. Research analysis was carried out by coloring the relevant explanations of the study, creating marginal notes, and forming categories and tables from those categories. Then, in presenting the data, the researcher describes the data resulting from the reduction and draws conclusion. The results obtained from this library research are that kindergarten teachers use the singing method to develop speaking skills in early childhood. The singing method is focused on using songs that match the theme of life around children and simple lyrics, singing activities while doing body movements that match the song being sung, and repeatedly singing in large groups. Research results also show that learning stages are through the planning, activity, and assessment stages. At the planning stage, the teacher prepares daily activity plans and learning themes through singing. Next, there is a stage of activity that consists of the initial, core, and additional activities. At this stage, the singing method is executed according to the daily activity plan that has been created. Then, the teacher assesses the learning results through singing methods at the assessment stage. Finally, through the singing method packed in activities that use appropriate theme songs for children's development, it can be concluded that activities using music and songs can help the development of early childhood speech.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Rien Safrina, M.A., Ph.D ; 2). Dr. Tuti Tarwiyah, M.Si. |
Subjects: | Seni Musik > Musik |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Users 16276 not found. |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 05:50 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 05:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35329 |
Actions (login required)
View Item |