KARYA NAJĪB MAHFŪZ DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGAJARAN TELAAH SASTRA ARAB

BTARI KINANDA, . (2013) KARYA NAJĪB MAHFŪZ DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGAJARAN TELAAH SASTRA ARAB. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
bab 1.pdf

Download (211kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (275kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (193kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (359kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (156kB)
[img] Text
persetujuan. pengesahan, pernyataan b.indo.pdf

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
1.COVER SKRIPSI REVISI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (396kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang Masalah-masalah Sosial dalam Novel “Khān al-Khalīlī” (Lelaki dalam Pasungan) karya Najīb Mahfūz dan Implikasinya dalam Pengajaran Telaah Sastra. Besar harapan agar hasil dari penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pengajaran Telaah Sastra Arab bagi mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi berdasarkan kajian pustaka. Fokus penelitian ini adalah Masalah-masalah Sosial dalam Novel “Khān al-Khalīlī” (Lelaki dalam Pasungan) karya Najīb Mahfūz. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan tabel klasifikasi yang berisikan klasifikasi tentang masalah-masalah sosial berdasarkan macam-macamnya dan sebab-sebabnya. Klasifikasi masalah�masalah sosial berdasarkan macam-macamnya yaitu masalah sosial dari tingkat pertama, masalah sosial dari tingkat kedua, dan masalah sosial dari tingkat ketiga. Dan klasifikasi sebab-sebab masalah sosial yaitu berdasarkan faktor alam, faktor biologis, faktor budaya, dan faktor sosial. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat 52 teks novel yang berkaitan dengan masalah-masalah sosial, yang terdiri dari 42 teks yang berhubungan dengan macam-macam masalah sosial, 10 teks novel yang berhubungan dengan sebab-sebab masalah sosial. Dan dari 42 teks novel yang berhubungan dengan macam-macam masalah sosial, maka terbagilah menjadi 3 bagian. Adapun perinciannya adalah sebagai berikut : 14 teks novel untuk masalah sosial dari tingkat pertama (33%) yang terdiri dari 11 teks novel untuk peperangan dan 3 teks novel untuk kemiskinan, 7 teks novel untuk masalah sosial dari tingkat kedua (17%) yang terdiri dari 1 teks novel untuk migrasi, dan 6 teks novel untuk narkoba, dan 21 teks novel untuk masalah sosial dari tingkat ketiga (50%) yang terdiri dari 3 teks novel untuk masalah remaja dan 18 teks novel untuk maksiat. Dan dari 10 teks novel yang berhubungan dengan sebab-sebab masalah sosial, maka terbagilah menjadi 2 bagian. Adapun perinciannya adalah sebagai berikut : 2 teks novel untuk faktor budaya (20%), dan 8 teks novel untuk faktor sosial (80%). ح Implikasi penelitian terhadap pengajaran telah sastra yakni menjadikan novel karya Najīb Mahfūz sebagai salah satu bahan pelajaran khususnya dalam pengajaran analisis teks sastra Arab pada tingkatan mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Zuriyati, M. Pd ; 2). Drs. Romdani, M. Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:25
Last Modified: 12 Sep 2022 02:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35542

Actions (login required)

View Item View Item