MODEL MEDIA PEMBELAJARAN TRUTH OR DARE CARD UNTUK PEMBELAJARAN TASHRIF LUGHOWI (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI SMA ISLAM AS-SYAFI'IYAH BEKASI)

MEIRISKA DWI REFORAMITA, . (2022) MODEL MEDIA PEMBELAJARAN TRUTH OR DARE CARD UNTUK PEMBELAJARAN TASHRIF LUGHOWI (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI SMA ISLAM AS-SYAFI'IYAH BEKASI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Truth or Dare Card sebagai media pembelajaran bahasa Arab melalui metode penelitian ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry. Dalam penelitian ini, hanya menggunakan 4 dari 5 tahapan yaitu: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, dan 4) Evaluasi. Pada tahap analisis kebutuhan media Truth or Dare Card dengan membagikan kuesioner kepada siswa kelas 12. Dari 42 responden, 37 siswa menyatakan setuju untuk mengembangkan media Truth or Dare Card sebagai media pembelajaran bahasa Arab. Proses desain mencakup mengumpulkan sumber soal yang sesuai dengan kompetensi dasar dan kompetensi inti serta menyusun perencanaan dalam bentuk flow chart. Pada tahap pengembangan peneliti membuat satu set kartu di aplikasi Canva. Proses evaluasi dilaksanakan berdasarkan penilaian ahli dari uji validasi media dan materi. Masukan dari ahli yang akan menjadi bahan evaluasi bagi peneliti dalam rangka menyempurnakan media Truth or Dare Card. Berdasarkan hasil uji validasi ahli media, media Truth or Dare Card mendapat nilai 88,8 dari skala 80-100 dengan kategori sangat layak. Dan dari hasil uji ahli materi, media Truth or Dare Card mendapatkan nilai 96 dari skala 80-100 dengan kategori sangat layak. Dengan demikian, media Truth or Dare Card dianggap layak diaplikasikan dalam pembelajaran bahasa Arab. *** This study aims to develop the media of The Truth or Dare Card for Lesson Tashrif Lughowi through the ADDIE research method developed by Dick and Carry (1996). This study used only 4 of 5 steps, which are: 1) Analyze the need for the educational media, the truth card, or the challenge, by distributing questionnaires to the twelfthgrade students. Out of 42 participants, 37 students agreed to develop the Truth Card or Challenge as an Arabic educational medium. 2) Designing the process of collecting question sources from the core competencies and preparing plans in the form of flowcharts. 3) Development, at this stage the researcher designed the question card and its box from Canva. 4) Evaluation, the evaluation process is conducted based on the expert judgment of teaching aids and material validation tests. Inputs from experts will be an evaluation material for the researcher to find out whether the truth or the challenge. Based on the results of the media expert validation test, the media Truth or Dare card had a score of 88.8 on a scale of 80 to 100 with a very good category. And from the results of the material expert test, the media Truth or Dare card obtained a score of 96 on a scale of 80 to 100 with a very good category. Thus, the media Truth or Dare cards are suitable for application in Arabic learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fatwa Arifah, M.A.Pd ; 2). Dr. Puti Zulharby, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 15412 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2022 06:37
Last Modified: 18 Jan 2024 06:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35603

Actions (login required)

View Item View Item