MODEL MEDIA EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS LIVEWORKSHEETS UNTUK SISWA KELAS 7 SMP MUHAMMADIYAH 5 JAKARTA

NIDA HAURA AZZAHRA, . (2022) MODEL MEDIA EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS LIVEWORKSHEETS UNTUK SISWA KELAS 7 SMP MUHAMMADIYAH 5 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model media evaluasi dalam pembelajaran Bahasa Arab berbasis Liveworksheets untuk siswa kelas tujuh SMP Muhammadiyah 5 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari (Analyse, Design, Develop, Implement dan Evaluate). Pada penelitian ini peneliti hanya melakukan 4 langkah tanpa penerapan (Implement). Peneliti mengidentifikasi Langkah-langkah metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) analisis kebutuhan terhadap model media evaluasi pembelajaran berbasis Liveworksheets, peneliti membagikan instrumen kebutuhan kepada siswa kelas tujuh SMP Muhammadiyah 5 Jakarta dan memperoleh respon 34 siswa menyatakan bahwa media evaluasi pembelajaran Bahasa Arab berbasais Liveworksheets dibutuhkan dengan hasil akhir 79,2% maka mendapatkan kategori sangat dibutuhkan. 2) merancang model media evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab Berbasis Liveworksheets dengan merancang kisi-kisi pertanyaan yang disesuaikan dengan kompetensi inti dan indeks pencapaian siswa. 3) mengembangkan model media evaluasi dalam pembelajaran Bahasa arab berbasis Liveworksheets, dan pada tahap ini dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media. 4) evaluasi terhadap model media evaluasi dalam pembelajaran Bahasa Arab berbasis Liveworksheets dengan menggunakan angket yang dibagikan kepada siswa. Hasil akhir penilaian oleh ahli materi mendapatkan kategori sangat layak dengan nilai 4,2 dari skala 5, dan hasil akhir penilaian oleh ahli media mendapatkan kategori sangat layak dengan nilai 4,7 dari skala 5, Adapun hasil akhir evaluasi dari siswa mendapatkan kategori sangat layak dengan nilai 4,5 dari skala 5. Dengan demikian, Model Media Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Liveworksheets sangat layak digunakan sebagai alternatif media dalam kegiatan evaluasi pembelajaran. ABSTRACT: This study aims to produce an evaluation media model in learning Arabic based on Liveworksheets for seventh grade students of SMP Muhammadiyah 5 Jakarta. The method used in this research is the development method with the ADDIE model consisting of (Analyse, Design, Develop, Implement and Evaluate). In this study, the researcher only did 4 steps without implementation. The researcher identified the steps of the method used in this study, namely: 1) a needs analysis of the Liveworksheets-based learning evaluation media model, the researcher distributed the needs instruments to the seventh grade students of SMP Muhammadiyah 5 Jakarta and obtained a response from 34 students stating that the evaluation media for Arabic learning was based on Liveworksheets required. 2) designing an evaluation media model in learning Arabic based on Liveworksheets by designing a grid of questions tailored to the core competencies and achievement index of students. 3) develop an evaluation media model in learning Arabic based on Liveworksheets, and at this stage validation is carried out by material experts and media experts. 4) evaluation of the evaluation media model in learning Arabic based on Liveworksheets using a questionnaire distributed to students. The average result of the analysis of students' needs was 79.2%, and they got the degree of very needy. And the final result of the assessment by the material expert got a very decent category with a score of 4.2 out of a scale of 5, and the final result of the assessment by a media expert got a very decent category with a value of 4.7 out of a scale of 5, The final results of the evaluation of the students got a very decent category with the value of 4.5 out of a scale of 5. Thus, the Evaluation Media Model in Arabic Learning Based on Liveworksheets is very feasible to be used as an alternative media in learning evaluation activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Samsi Setiadi, M.Pd ; 2). Hendrawanto, M.A.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 15753 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2022 06:51
Last Modified: 12 Sep 2022 06:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35619

Actions (login required)

View Item View Item