PENINGKATAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA ARAB DENGAN MEDIA PERMAINAN BAHASA “HANGMAN” UNTUK SISWA DI TPA AR-RAHMAH

SATRIA IZZUDIEN AL'AZZAM, . (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA ARAB DENGAN MEDIA PERMAINAN BAHASA “HANGMAN” UNTUK SISWA DI TPA AR-RAHMAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kosakata bahasa Arab siswa dengan media permainan bahasa “hangman” sebagai media pembelajaran. Media permainan “hangman” merupakan media berbentuk kartu yang di dalamnya terdapat gambar tiang gantung sebagai tempat untuk menggambar tokoh “hangman”, terdapat pula garis-garis yang jumlahnya sudah disesuaikan dengan jumlah huruf Arab dalam satu kosakata yang berguna sebagai tempat menuliskan huruf yang benar dari satu kosakata. Di bagian bawah juga terdapat petunjuk huruf untuk memudahkan siswa dalam menjawab. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dalam dua siklus tindakan. Subyek penelitian adalah siswa TPA Ar-Rahmah yang berjumlah 10 siswa terdiri dari 4 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pembelajaran siswa TPA Ar-Rahmah pada siklus pertama dan siklus kedua terjadi peningkatan. Sebelum tindakan rata-rata nilainya 49,0 pada siklus pertama terjadi peningkatan rata-rata menjadi 63,0 dan setelah dilakukan siklus kedua meningkat menjadi 81,0. *** This study aims to improve students' Arabic vocabulary learning outcomes with the language game "hangman" as a medium of learning. The "hangman" game media is a card-shaped media in which there is an image of a hanging pole as a place to draw the "hangman" character, there are also lines whose numbers have been adjusted to the number of Arabic letters in one vocabulary that is useful as a place to write the correct letters from one vocabulary. At the bottom there are also letter hints to make it easier for students to answer. The type of research is Classroom Action Research which takes place in two cycles of action. The research subjects were Ar-Rahmah TPA students, totaling 10 students consisting of 4 female students and 6 male students. Data collection techniques with tests and observations. The results showed that the learning outcomes of TPA Ar-Rahmah students in the first and second cycles increased. Before the action the average value was 49.0 in the first cycle there was an average increase to 63.0 and after the second cycle it increased to 81.0.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hendrawanto, M.Pd, M.A ; 2). Dr. Fatwa Arifah, M.A. Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 15714 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:54
Last Modified: 12 Sep 2022 02:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35634

Actions (login required)

View Item View Item