SUCI AYU MUMPUNI, . (2022) METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN TEKNIK LUKIS SIDIK JARI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELUKIS PADA SISWA KELAS XI SMAN 97 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (242kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran seni lukis di sekolah dapat menjadi sarana untuk meningkatkan daya imajinasi dan pengetahuan siswa, serta melatih keterampilan tangan agar luwes dan terampil dalam memvisualisasikan gagasan ke atas bidang gambar. Penerapan metode drill dalam pembelajaran teknik lukis sidik jari dapat memberi kebiasaan baik agar siswa melakukan rangkaian latihan secara berulang guna meningkatkan hasil belajar melukis. Penggunaan media pembelajaran berupa PPT dan video tutorial dapat membantu siswa memahami materi serta menjadi panduan agar siswa dapat berlatih melukis secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan pemanfaatan metode latihan/drill guna meningkatkan keterampilan dan keluwesan tangan siswa dalam membuat lukisan; (2) meningkatkan kemampuan melukis berupa keterampilan dan kreativitas siswa dalam membuat lukisan sidik jari; (3) menganalisis kemampuan melukis dalam membuat lukisan sidik jari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jumlah partisipan 34 siswa dengan teknik pemilihan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, dengan menyajikan rekapitulasi penilaian, deskripsi karya, dan analisis pembelajaran. Penilaian karya menggunakan tabel penilaian modifikasi Brent G. Wilson dengan aspek kreativitas dan keterampilan. Berdasarkan hasil penilaian, seluruh sub aspek kreativitas dan keterampilan mengalami peningkatan. Peningkatan terbesar terdapat pada sub aspek keterampilan yaitu penguasaan teknik. Terdapat empat kategori diantaranya yaitu 9 siswa pada kategori sangat baik, 13 siswa pada kategori baik, 11 siswa pada kategori cukup, dan 1 siswa pada kategori kurang. Hal ini menunjukan bahwa penerapan metode drill dalam pembelajaran teknik lukis sidik jari dapat meningkatkan hasil belajar melukis. *** Painting learning in schools can be a means to increase students' imagination and knowledge, as well as train hand skills so that they are flexible and skilled in visualizing ideas on the image plane. The application of the drill method in learning fingerprint painting techniques can give students good habits so that students do a series of exercises repeatedly to improve painting learning outcomes. The use of learning media in the form of PPT and video tutorials can help students understand the material and be a guide so that students can practice painting independently. This study aims to: (1) develop the use of drill/practice methods to improve students' skills and hand flexibility in making paintings; (2) Improving students' painting skills in the form of skills and creativity in making fingerprint paintings; (3) Analyzing painting skills in making fingerprint paintings. This study uses a descriptive qualitative method with a total of 34 students with a purposive sampling technique. Data collection techniques used through observation, interviews, questionnaires, and documentation. The data analysis technique used descriptive analysis techniques, by presenting a recapitulation of assessments, descriptions of work, and learning analysis. The assessment of the work uses a modified Brent G. Wilson assessment table with aspects of creativity and skills. Based on the results of the assessment, all subaspects of creativity and skills have increased. The biggest increase is in the subaspect of skills, namely mastery of techniques. There are four categories including 9 students in the very good category, 13 students in the good category, 11 students in the moderate category, and 1 student in the poor category. This shows that the application of the drill method in learning fingerprint painting techniques can improve painting learning outcomes
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Panji Kurnia, M.Ds. ; 2). Ririn Despriliani, S.Pd, M.Si |
Subjects: | Kesenian > Seni Lukis |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Users 16481 not found. |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 01:37 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 01:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35957 |
Actions (login required)
View Item |