MODEL BAHAN AJAR BAHASA ARAB ELEKTRONIK PADA MATERI SINTAKSIS KELAS XII (PENELITIAN PENGEMBANGAN di SMA ISLAM AS-SYAFI'IYAH 02 BEKASI

LIA ANDRIYANI, . (2022) MODEL BAHAN AJAR BAHASA ARAB ELEKTRONIK PADA MATERI SINTAKSIS KELAS XII (PENELITIAN PENGEMBANGAN di SMA ISLAM AS-SYAFI'IYAH 02 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB) | Request a copy

Abstract

Model Bahan Ajar Bahasa Arab Elektronik pada Materi Sintaksis Kelas XII di SMA Islam As-Syafi’iyah 02 Bekasi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Juli 2022 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model bahan ajar bahasa Arab elektronik pada materi tarkib di SMA Islam As-Syafi’iyah 02 Bekasi berdasarkan hasil analisis kebutuhan dari siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan dengan Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Peneliti mengidentifikasi langkah-langkah metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) menganalisis kebutuhan siswa kelas dua belas terhadap bahan ajar bahasa Arab elektronik pada materi tarkib, 2) merancang bahan ajar bahasa Arab elektronik pada materi tarkib, 3) pengembangan produk bahan ajar bahasa Arab elektronik pada materi tarkib berdasarkan evaluasi ahli bahan ajar dan ahli media pembelajaran, 4) evaluasi guru dan siswa terhadap bahan ajar bahasa Arab elektronik pada materi tarkib. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi partisipatif, wawancara terstruktur dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa 29 dari 34 siswa menyetujui adanya modul pembelajaran bahasa Arab elektronik materi tarkib. Peneliti kemudian melakukan perancangan dan pengembangan model bahan ajar bahasa Arab elektronik materi tarkib kemudian dilakukan proses penilaian dari dua orang ahli. Tahap evaluasi ialah tahap penilaian oleh guru dan 25 siswa kelas dua belas di SMA Islam As-Syafi’iyah 02 Bekasi. Model bahan ajar bahasa Arab elektronik pada materi tarkib terdiri dari 4 kegiatan belajar yang didalamnya terdapat 4 materi kaidah bahasa Arab serta terdapat audio dan video pembelajaran sebagai media yang dikemas secara menarik dan interaktif guna meningkatkan minat siswa untuk mempelajari bahasa Arab. Respon ahli materi untuk model bahan ajar bahasa Arab elektronik pada materi tarkib mendapatkan nilai 4,1, ahli media mendapatkan nilai 4,65 dengan kategori “sangat bagus”. Respon dari guru mendapatkan nilai 4,76 dengan kategori “sangat bagus”. Dan respon siswa mendapatkan hasil 3,35 dengan kategori “setuju”. This study aims to develop a model of electronic Arabic teaching materials on tarkib material at SMA Islam As-Syafi'iyah 02 Bekasi based on the results of the needs analysis of students. The method used in this study is a development method with the ADDIE Model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The researcher identified the steps of the method used in this study, namely: 1) analyzing the needs of twelfth grade students for electronic Arabic teaching materials on tarkib material, 2) designing electronic Arabic teaching materials on tarkib materials, 3) developing products for electronic Arabic teaching materials on tarkib materials based on the evaluation of teaching materials experts and learning media experts, 4) evaluation of teachers and students on electronic Arabic teaching materials on tarkib materials. And data collection techniques used through participatory observation, structured interviews and questionnaires. Based on the results of the study, it showed that 29 out of 34 students approved the existence of an electronic Arabic learning module for tarkib material. The researcher then designed and developed a model of electronic Arabic teaching materials for tarkib material and then carried out an assessment process from two experts. The evaluation stage is the assessment stage by teachers and 25 twelfth grade students at Sma Islam As-Syafi'iyah 02 Bekasi. The electronic Arabic teaching material model on the tarkib material consists of 4 learning activities in which there are 4 Arabic language rule materials and there are learning audio and video as media that are packaged attractively and interactively to increase students' interest in learning Arabic. The material expert's response to the electronic Arabic teaching material model on the tarkib material got a score of 4.1, the media expert got a score of 4.65 with the category of "very good". The response from the teacher got a score of 4.76 with the category of "very good". And the student response got a result of 3.35 with the category of "agree".

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Samsi Setiadi, M.Pd ; 2). Dr. Puti Zulharby, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 16215 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:15
Last Modified: 18 Jan 2024 04:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36107

Actions (login required)

View Item View Item