PUSPA MEGA PRATIWI, . (2011) THE REPRESENTATION OF EAST IN TRAVEL ARTIVLES OF TIME MGAZINE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
CHAPTER I.pdf Download (90kB) |
|
Text
CHAPTER II.pdf Download (213kB) |
|
Text
CHAPTER IV.pdf Download (348kB) |
|
Text
CHAPTER III.pdf Download (101kB) |
|
Text
CHAPTER V.pdf Download (95kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (138kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sebuah situasi atau tempat ditampilkan dan digambarkan dalam artikel wisata Timur pada majalah TIME. Sebelum menganalisis artikel wisata, penulis harus mengetahui proses apa saja yang digunakan dalam sebuah artikel melalui klausa (anak kalimat) yang ada. Teori yang digunakan untuk mengetahui proses yang digunakan adalah teori jenis-jenis proses M.A.K. Halliday. Tujuannya yakni untuk mempermudah penulis dalam menghubungkan proses yang dominan terhadap representasi suatu artikel. Proses dominan yang muncul di tiap artikel berbeda. Pada artikel pertama, proses yang dominan adalah proses relasional dengan jumlah 11 proses dari 23 proses yang ada. Selanjutnya, proses yang dominan pada artikel kedua adalah proses material dengan jumlah 21 proses dari 41 proses yang ada. Dalam artikel ketiga proses yang dominan sama dengan artikel kedua yaitu proses material dengan jumlah 33 proses dari 71 proses. Lalu pada artikel yang terakhir adalah proses material yang dominan dengan jumlah 27 dari 54 proses. Fakta yang muncul melalui proses material yang digunakan dari artikel keempat menjelaskan Timur sebagai tempat wisata yang indah dan layak untuk dikunjungi, dilihat, dan dinikmati, dengan pelayanan yang baik di setiap objek wisata. Sejumlah besar obyek wisata di Timur juga menggambarkan kekayaan banyak komunitas Timur, khususnya dalam kekayaan seni, budaya, dan sejarah dapat dilihat dari bangunan di sana. Para wisatawan sangat tertarik untuk menikmati objek wisata seperti museum, pantai, restoran di Timur melalui proses material, yang kata kuncinya adalah designed, opened, held, set up, follow, can visit, dll. Lalu, mereka merasa tertarik untuk melihat banyaknya tempat-tempat yang menarik yang diceritakan di tiap artikel Timur melalui proses mental dan eksistensial, seperti pada kata discover, was inspired, can enjoy, dll. Dengan melihat dan menikmati objek wisata, para wisatawan juga ingin mengetahui tiap detail tentang tempat-tempat yang ada di Timur melalui proses relasional, yang kata kunci untuk mendeskripsikan tempat itu adalah was, is, are, means, symbolize, has, covers, dll. Oleh karena itu, representasi yang muncul dari Timur adalah sebagai objek dari pariwisata dengan subjeknya yaitu masyarakat Barat. ***** The aim of this research is to find out how situation or places are presented and described in East travel articles of TIME magazines. Before analyzing travel articles, the researcher has to know the process used in each article through its clauses. The theory used to know the process used is M.A.K. Halliday theory in types of process. The aim is to make the researcher easily connecting the dominant process with the articles representation. The dominant process arises in each article differently. In the first article, the dominant process is relational process with 11 processes from 23 processes there. Next, the dominant process in second article is material process with 21 processes from 41 processes. In third article, the dominant process is same with the second one, is material process with 33 processes from 71 processes. Then, in the last article is material process which is dominant with 27 processes from 54 processes. The fact that emerged through the process of material used from the fourth article describes the East as a beautiful tourist spot and appropriate to be visited, viewed, and enjoyed, with good service in every object of tourism. A large number of tourism objects in the East also illustrate much East community wealthy, especially in the wealth of art, culture, and history can be seen from the buildings there. The tourists are so invited to enjoy the tourist spot like museum, beach, and restaurant in East through all the material processes, the key words are designed, opened, held, set up, follow, can visit, etc. Then, they feel interested to see a lot of interesting places told in each article in East through the mental and existential processes, like in the words discover, was inspired, can enjoy, etc. By seeing and enjoying the tourism objects, the tourists also want to know the details of each places in East through the using of relational processes, the key words to describe the places are was, is, are, means, symbolize, has, covers, etc. Therefore, the representation of East is the object of the tourism spot from the subject is the people from West
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Hasnini Hasra, M. Hum |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris Bahasa dan Kesusastraan > Tata Bahasa Inggris Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Inggris |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 14685 not found. |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 05:54 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 05:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36500 |
Actions (login required)
View Item |