MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN APLIKASI PAPAN TULIS DIGITAL (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Melati Berseri Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur)

YULIYANIH, . (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN APLIKASI PAPAN TULIS DIGITAL (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Melati Berseri Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Bab 1.pdf

Download (241kB)
[img] Text
3. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
4. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB)
[img] Text
8. Lampiran & Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pada anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan aplikasi papan tulis digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart dengan melakukan intervensi tindakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sasaran pada penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun yang bersekolah di PAUD Melati Berseri, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, sebanyak 10 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif berupa catatan lapangan, lembar pemantau tindakan, catatan wawancara, dan catatan dokumentasi. Prosentase Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan kesepakatan antara peneliti dan kolaborator yang menyatakan hasil akhir dari ketercapaian tindakan sebesar 70%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, hasil analisis data secara kuantitatif diperoleh prosentase peningkatan dari pra siklus sebanyak 43% ke siklus satu dengan perolehan prosentase sebesar 70,94%. Rata-rata presentase keseluruhan mengalami peningkatan namun beberapa siswa belum mencapai presentase yang telah disepakati. Dengan demikian penelitian dilanjutkan pada siklus II. Analisis presentase keseluruhan mengalami peningkatan kembali sebesar 13,48% menjadi 84,38% berdasarkan presentase ketercapaian hasil dari penelitian ini. Maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima dan penelitian dihentikan. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain melalui penggunaan aplikasi papan tulis digital dapat meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun. **** This Classroom Research is to improve the writing ability of children age 5-6 years old by using Digital Whiteboard Application. The method research used is Kemmis and Mc. Taggart Models which is used 2 cycles intervention act. Each cycle consisting of planning, acting, observing and reflecting. The subject of the study were children age 5-6 years at PAUD Melati Berseri, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, East Jakarta, as many as 10 students. Data Collection use through observation techniques with field notes, action monitoring sheets, interview, and documentation notes. Percentage of ata analysis used in this study based on the dealing between the researcher and collaborator who stated the final result of the achievement of action by 70%. Based on the result, quantity of analysis data result is on pre-cycle by 43% to 70,94% of cycle I. On average percentage were increased, but some of children hasn’t reached an agreed percentage. This continued reseach on cycle II. An additional benefit of 13,48% to 84,38% based on percentage of achievement of the result of this study, it is acceptable. So it can be concluded the activities using digital whiteboard application can increase the writing ability of children age of 5-6 years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hikmah, MM, M. Pd ; 2). Niken Pratiwi, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 17085 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:13
Last Modified: 23 Feb 2023 02:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37116

Actions (login required)

View Item View Item