PENGEMBANGAN BUKU MPB-4C UNTUK PEMBELAJARAN SISWA TUNANETRA KELAS VI DI SLB

MUTMAINNATUL ISTIQOMAH, . (2023) PENGEMBANGAN BUKU MPB-4C UNTUK PEMBELAJARAN SISWA TUNANETRA KELAS VI DI SLB. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (775kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (758kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku MPB-4C untuk pembelajaran siswa tunanetra. Penelitian ini dilaksanakan di SLB A Pembina Tingkat Nasional dengan melibatkan para guru dan siswa di jenjang SD melalui pengamatan dan wawancara. Metode dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan PPE (Planning, Production and Evaluation). Produk yang dikembangkan telah ditinjau oleh para ahli yaitu ahli desain pembelajaran, ahli materi dan ahli ketunanetraan. Penilaian dari ahli desain pembelajaran diperoleh hasil 100% dengan kategori sangat baik, ahli materi diperoleh hasil 88,5% dengan kategori sangat baik dan dari ahli ketunanetraan diperoleh 98% dengan kategori sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa Buku Model Pembelajaran Berbasis 4C sudah layak untuk dimanfaatkan oleh para guru dalam melatihkan kemampuan 4C pada siswa tunanetra. **** This research aims to produce a product in the form of an MPB-4C book for blind students. This research was conducted at the SLB-A Pembina Tingkat Nasional by involving teachers and students at the elementary level through observation and interviews. The method in this study is Research and Development using the PPE (Planning, Production, and Evaluation) development model. The products developed have been reviewed by experts, namely learning design experts, material experts, and blind experts. The result from learning design expert obtained 100% results with very good category , material expert obtained 88.5% results with very good category, and blind expert received 98% results with very good category. So it can be concluded that the 4C-Based Learning Model Book appropriate for teacher to use in training the 4C skill of blind students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Asep Supena, M.Psi ; 2). Marja, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 17124 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2023 06:13
Last Modified: 28 Feb 2023 06:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37490

Actions (login required)

View Item View Item