FACHMI MA'ARIEF, . (2020) PENDEKATAN MODEL KURT LEWIN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME SEBAGAI PENDUKUNG MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER MATERI OPERASI DASAR KOMPUTER MENGGUNAKAN ADOBE CAPTIVATE 9. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER_5235151459.pdf Download (117kB) |
|
Text
SCAN SKRIPSI - LEMBAR PENGESAHAN, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR.pdf Download (421kB) |
|
Text
Lembar Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf Download (913kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (998kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (503kB) |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (949kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Registered users only Download (839kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI, DAN SARAN.pdf Download (511kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (253kB) |
|
Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf Download (7MB) |
Abstract
PENDEKATAN MODEL KURT LEWIN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME SEBAGAI PENDUKUNG MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER MATERI OPERASI DASAR KOMPUTER MENGGUNAKAN ADOBE CAPTIVATE 9.0 FACHMI MA’ARIEF ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Sistem Informasi Jaringan dan Aplikasi SMK Negeri 26 Jakarta setelah diberikan metode pembelajaran discovery learning dan menggunakan media pembelajaran berbasis game sebagai pendukung mata pelajaran sistem komputer materi operasi dasar komputer menggunakan software Adobe Captivate 9. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 26 Jakarta, dilaksanakan pada bulan Desember 2019 – Januari 2020, Metode penelitian yang digunakan dalam model penelitian tindakan kelas yaitu model kurt lewin. Yang dimana dalam penelitian ini terdapat 2 (dua) siklus yang setiap siklus terdapat 3 (tiga) kali pertemuan. Dalam pelaksanaannya, penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang menyatakan bahwa dalam satu siklus terdiri dari empat langkah pokok yaitu : (1) perencanaan (planning), (2) aksi atau tindakan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Sedangkan metode pengembangan produk media pembelajaran menggunakan model air terjun (waterfall models) yang dimana ini sebagai pendukung dari penelitian yang dilakukan. Kelas X SIJA 2 yang merupakan kelas eksperimen terdiri dari 35 siswa. Untuk mendapatkan data penelitian ini, dilaksanakan pretest sebelum diberikan postest. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan siswa kelas eksperimen pada siklus I yang diberikan penilaian pretest mendapatkan rata-rata skor 79.51 sedangkan untuk hasil penilaian posttest mendapatkan rata-rata skor 84.05 untuk hasil penelitian pada siklus II yang diberikan penilaian pretest mendapatkan rata-rata skor 83.11 sedangkan untuk hasil penilaian posttest mendapatkan rata-rata skor 88.18. Dengan demikian hasil belajar siswa mengalami peningkatan, sehingga strategi Proses Belajar Mengajar (PBM) dengan metode pembelajaran discovery learning dengan bantuan e-learning menggunakan Adobe Captivate 9 dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dan hasil belajar. Kata Kunci : Discovery Learning, Kurt Lewin, Waterfall Models, e-learning, Sistem Komputer
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Yuliatri Sastrawijaya, M.Pd. ; 2). Prasetyo Wibowo Yunanto, S.T., M.Eng |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Pendidikan > Media Pembelajaran Bahasa dan Kesusastraan > Semiotik dan Semantik > Bilingual Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | Users 656 not found. |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 11:57 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 11:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3754 |
Actions (login required)
View Item |