PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA PADA MASA PANDEMI (Penelitian Deskriptif Kualitatif di SLB Dharma Bakti Patianrowo, Nganjuk, Jawa Timur)

PUSPA ADAWIYA AZ-ZAHRA, . (2023) PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA PADA MASA PANDEMI (Penelitian Deskriptif Kualitatif di SLB Dharma Bakti Patianrowo, Nganjuk, Jawa Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (811kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara mendalam tentang pemanfaatan aplikasi WhatsApp dalam kegiatan pembelajaran bagi peserta didik tunagrahita pada masa pandemi serta menemukan alasan dan faktor yang mempengaruhi. Penelitian dilaksanakan di di SLB Dharma Bakti Patianrowo, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan aplikasi WhatsApp dalam kegiatan pembelajaran bagi peserta didik tunagrahita memberikan kemudahan karena penggunaannya dapat terjangkau oleh sebagian besar guru maupun orang tua peserta didik yang memiliki keterbatasan kemampuan teknologi. Kegiatan pembelajaran melalui aplikasi WhatsApp lebih sering memanfaatkan fitur pesan grup atau pesan pribadi serta fitur kamera atau galeri foto yang bisa digunakan oleh guru untuk memberikan materi ajar dan menyampaikan penugasan. Adapun faktor yang mempengaruhi pemanfaatan aplikasi WhatsApp dalam kegiatan pembelajaran yaitu fitur yang cukup familiar untuk dioperasikan oleh guru serta orang tua sebagai pendamping peserta didik ketika belajar di rumah. Kelemahan pemanfaatan aplikasi WhatsApp dalam kegiatan pembelajaran adalah kurangnya interaksi dan pendampingan khusus secara langsung dari guru kepada peserta didik ketika proses pembelajaran berlangsung. The purpose of this study is to discover and thoroughly describe the use of the WhatsApp application in learning activities for intellectual disability students during the pandemic, as well as the reasons and influencing factors. The research was conducted at SLB Dharma Bakti Patianrowo, Nganjuk Regency, East Java Province. The research method used is descriptive qualitative research. Data collection techniques were carried out through interviews, observation, and documentation. The results of the study show that the use of the WhatsApp application in learning activities for intellectual disability students provides convenience because its use can be accessed by most teachers and parents of students who have limited technological capabilities. Learning activities through the WhatsApp application more often take advantage of the group message feature or private messages as well as the camera feature or photo gallery that can be used by teachers to provide teaching materials and deliver assignments. The factors that influence the use of the WhatsApp application in learning activities are features that are quite familiar to teachers and parents as companions for students when studying at home. The weakness of using the WhatsApp application in learning activities is the lack of interaction and special assistance directly from the teacher to students during the learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Ishak G. Bachtiar,M.Pd ; 2). Dr.Lalan Erlani, M.Ed
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 16978 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2023 06:44
Last Modified: 07 Mar 2023 06:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37560

Actions (login required)

View Item View Item