PENGEMBANGAN MATERI AJAR E-MODUL MENULIS TEKS CERPEN BERBASIS FLIPBOOK MAKER DAN METODE CERPENGRAM UNTUK KELAS IX

Dita Rosa Utami, . (2023) PENGEMBANGAN MATERI AJAR E-MODUL MENULIS TEKS CERPEN BERBASIS FLIPBOOK MAKER DAN METODE CERPENGRAM UNTUK KELAS IX. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (810kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan materi ajar e-modul menulis teks cerpen berbasis flipbook maker dan metode cerpengram untuk kelas IX SMP Negeri 24 Kerinci. Materi ajar e-modul menulis teks cerpen dikemas dalam bentuk flipbook digital yang bisa diakses pada komputer/laptop. E-modul berisi langkah-langkah metode Cerpengram yang ditujukan untuk pengajaran menulis teks cerpen bagi penulis pemula. Sumber data adalah siswa kelas IX, Guru bahasa Indonesia, ahli media dan ahli materi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, wawancara, dan angket. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg & Gall yang dipadukan dengan Jolly & Bolitho sehingga dikelompokkan menjadi tiga tahapan penelitian utama, yaitu 1) tahap desain, 2) tahap pengembangan dan 3) tahap validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada evaluasi tahap kedua yang diberikan oleh ahli media diperoleh skor rata-rata 3,6, sejumlah 90%, skor rata-rata 3,8, dan skor keseluruhan ahli materi sebesar 96,6% yang dapat dikualifikasikan sebagai sangat layak. Kemudian penilaian guru Bahasa Indonesia memberikan nilai rata-rata 3,8 dan nilai total 95,8% yang kategori sangat layak. Kategori sangat layak pada hasil uji skala kecil yang dilakukan oleh 5 siswa dengan rata-rata 3,8 dan persentase 93%. Hasil uji skala besar dengan rata-rata tingkat perolehan 3,8 dan persentase 92,8% termasuk kategori sangat layak. Materi ajar e-modul yang dikembangkan dengan cara ini dinyatakan layak digunakan. This study aimed to develop e-module teaching materials for writing short story texts based on the flipbook maker and Cerpengram method for class IX at SMP Negeri 24 Kerinci. The e-module teaching material for writing short story texts is packaged in the form of a digital flipbook that can be accessed on a computer/laptop. The e-module contains steps of the short story method aimed at teaching short story writing to novice writers. Data sources included class IX students, Indonesian language teachers, media experts and material experts. The research instruments used included observation sheets, interviews, and questionnaires. The research method used is the research and development (R&D) method. The research procedure uses the Borg & Gall research and development model combined with Jolly & Bolitho so that it is grouped into three main research stages, namely, 1) design stage, 2) development stage, and 3) validation stage. The results showed that in the second phase of the evaluation given by media experts, an average score of 3.6 was obtained, a total of 90%, an average score of 3.8, and an overall score of 96.6%, which can be qualified as "very worthy". Then the Indonesian teacher's assessment gave an average score of 3.8 and a total score of 95.8%, which is a very decent category. The Very Eligible category includes the results of a small-scale test conducted by 5 students with an overall average of 3.8 and an overall percentage of 93%. Large-scale test results with an average acquisition rate of 3.8 and a percentage of 92.8% are feasible. Teaching materials developed in this way are declared fit for use.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zainal Rafli, M.Pd. 2). Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Sistem Penulisan dan Ejaan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 17306 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:35
Last Modified: 14 Mar 2023 01:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38465

Actions (login required)

View Item View Item