FARAH CANTIKA AZALIA, . (2023) PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU, LINGKUNGAN KELUARGA, EFIKASI DIRI, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (267kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Minat menjadi guru muncul karena adanya ketertarikan dan keinginan individu dan diperkuat dengan beberapa faktor. Tingkat minat mahasiswa berlatar belakang pendidikan untuk menjadi guru penting karena rendahnya minat terhadap profesi guru dapat mengakibatkan kualitas mahasiswa sebagai calon guru menjadi rendah dan pembentukan kompetensi guru menjadi kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara persepsi profesi guru, lingkungan keluarga, efikasi diri, dan teman sebaya terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Angkatan 2019 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta baik secara parsial maupun simultan. Desain penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner menggunakan skala likert. Teknik analisis data dengan regresi linier berganda menggunakan bantuan SPSS versi 24. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel “proportionate stratified random sampling” dengan perhitungan rumus slovin tingkat kesalahan 5% sehingga didapat sampel sejumlah 162 mahasiswa. Hasil regresi linier berganda yaitu Y = 12.286 + 0,085X1 + 0,153X2 + 0,175X3 + 0,071X4 + 0.806. Hasil uji F yaitu F hitung 21.100 > F tabel 2,43 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Lalu hasil uji T pada variabel X1 memiliki T hitung 2.178 > T tabel 1.97519 dan nilai signifikansi 0,031 < 0,05; variabel X2 memiliki T hitung 3.240 > T tabel 1.97519 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05; variabel X3 memiliki T hitung 2.810 > T tabel 1.97519 dan nilai signifikansi 0,006 < 0,05; dan variabel X4 memiliki T hitung 2.472 > T tabel 1.97519 dan nilai signifikansi 0,014 < 0,05. Maka berdasarkan perhitungan tersebut, baik secara simultan maupun parsial, variabel persepsi profesi guru (X1), lingkungan keluarga (X2), efikasi diri (X3), dan teman sebaya (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru (Y). Persepsi profesi guru, lingkungan keluarga, efikasi diri, dan teman sebaya dapat menjelaskan variabel terikat minat menjadi guru sebesar 35% sedangkan sisanya 65% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Kata Kunci: minat menjadi guru, persepsi profesi guru, lingkungan keluarga, efikasi diri, teman sebaya. ********* Interest in becoming a teacher arises because of individual interest and desire and is strengthened by several factors. The level of interest of students with educational backgrounds to become teachers is important because low interest in the teaching profession can result in the quality of students as prospective teachers being low and the formation of teacher competence being less than optimal. The purpose of this study was to determine the direct and indirect influence between the perceptions about teacher’s profession, family environment, self-efficacy, and peers on the interest in becoming a teacher in students of the Faculty of Economics, State University of Jakarta 2019, either partially or simultaneously. This research design is a quantitative approach to the survey method. Data collection technique with a questionnaire using a Likert scale. The data analysis technique was using multiple linear regression using SPSS version 24. This study used the "proportionate stratified random sampling" sampling technique with the slovin formula calculation with an error rate of 5% so that a sample of 162 students was obtained. The results of multiple linear regression are Y = 12.286 + 0.085X1 + 0.153X2 + 0.175X3 + 0.071X4 + 0.806. The results of the F test are F count 21,100 > F table 2.43 and a significance value of 0.000 <0.05. Then the results of the T test on variable X1 have T count 2.178 > T table 1.97519 and a significance value of 0.031 <0.05; variable X2 has a T count of 3.240 > T table of 1.97519 and a significance value of 0.001 <0.05; variable X3 has a T count of 2.810 > T table of 1.97519 and a significance value of 0.006 <0.05; and variable X4 has T count 2.472 > T table 1.97519 and a significance value of 0.014 <0.05. So based on these calculations, both simultaneously and partially, the variable perceptions of the teaching profession (X1), family environment (X2), self-efficacy (X3), and peers (X4) have a positive and significant effect on interest in becoming a teacher (Y). Perceptions about teacher’s profession, family environment, self-efficacy, and peers can explain the bond variable of interest in being a teacher by 35% while the remaining 65% is influenced by other variables outside of this study
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Christian Wiradendi Wolor, S.E.,M.M. ; 2). Dr. Osly Usman, M.Bus.,Mgt.,M.Bus.M.Syst. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Users 18098 not found. |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 00:48 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 00:48 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38878 |
Actions (login required)
View Item |