STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QURAN BAGI PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL SEDANG DI SEKOLAH INTAN ELOK INDONESIA

RAIHANY HIDAYATI AZ-ZAHRA, . (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QURAN BAGI PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL SEDANG DI SEKOLAH INTAN ELOK INDONESIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran al-quran bagi peserta didik hambatan intelektual sedang di sekolah Intan Elok Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang peserta didik berinisial A. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua kegiatan pembelajaran, yaitu mengulang hafalan al-quran atau murojaah dan membaca iqro. Strategi pembelajaran yang diterapkan adalah strategi ekspositori dan pembelajaran secara langsung dengan menggunakan metode demonstrasi MASTER Kauny dalam kegiatan murojaah yang dipadukan dengan metode tanya jawab, bermain peran, dan pengulangan secara rutin. Sedangkan dalam kegiatan membaca iqro menggunakan metode iqro. Penguatan positif diberikan ketika peserta didik mampu menunjukkan performa yang baik dan bantuan diberikan secara bertahap ketika peserta didik mengalami kesulitan dalam kegiatan pembelajaran. Media yang digunakan adalah sosok guru dan buku iqro. Faktor pendukung pembelajaran antara lain peran guru, kehadiran para peserta didik lainnya dan adanya barang baru milik peserta didik atau temannya yang dapat memunculkan semangat peserta didik dalam belajar, dukungan berkelanjutan dari pihak sekolah, serta keaktifan guru mengikuti berbagai kegiatan pengembangan ilmu. Sedangkan faktor penghambat pembelajaran di antaranya suasana hati peserta didik yang kurang baik, kondisi badan yang kurang sehat, dan fokus peserta didik yang mudah teralihkan. ********** This study aims to describe strategies for learning al-quran for a student with moderate intellectual disability at Intan Elok Indonesia school. The subject in this study was a student with the initials A. This study used a descriptive method with a qualitative approach. Data collection was done by observation, interviews, and documentation and was analyzed using the Miles and Huberman model. The results showed that there were two learning activities: repeating the memorization of the quran or murojaah and reading iqro. The learning strategies applied were expository and direct learning strategy using the MASTER Kauny demonstration method in murojaah activities combined with the question and answer method, role playing, and daily repetition. In reading iqro activity used the iqro method. Positive reinforcement was given by the teacher when the student showed good performance and assistance was given gradually when the student experience difficulties in learning activities. The media used are the figure of the teacher and the iqro book. Factors supporting learning include the role of the teacher, the presence of the other students as well as the existence of new items that can bring out the enthusiasm of the student in learning, ongoing support from the school party, and the teacher’s active participation in various knowledge development programs. While the inhibiting factors of learning include the student's mood, unhealthy body condition, and the student’s focus who was easily distracted.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc. ; 2). Leliana Lianty, M.Pd.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 18119 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:12
Last Modified: 21 Jul 2023 01:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38885

Actions (login required)

View Item View Item