FENOMENA FEAR OF MISSING OUT (FOMO) PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI DAMPAK KONFORMITAS (Studi Kasus 6 Mahasiswa Pendidikan Masyarakat UNJ)

NOVIASIH NATIKA PUTRI, . (2023) FENOMENA FEAR OF MISSING OUT (FOMO) PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI DAMPAK KONFORMITAS (Studi Kasus 6 Mahasiswa Pendidikan Masyarakat UNJ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (882kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi pembentukan perilaku FOMO yang dialami oleh enam mahasiswa Pendidikan Masyarakat UNJ. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengkaji bagaimana konformitas dalam menjelaskan fenomena FOMO di kalangan mahasiswa. Dan penelitian ini akan menjabarkan dampak apa saja yang ditimbulkan dari perilaku FOMO pada kehidupan sosial para mahasiswa. Teori yang digunakan sebagai landasan acuan dalam penelitian ini yaitu teori konformitas yang digagas oleh Solomon Asch. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus yang dilakukan secara daring dengan memanfaatkan media sosial Instagram sebagai medium utama pengamatan penelitian. Subjek pada penelitian ini terdiri dari enam orang mahasiswa program studi Pendidikan Masyarakat UNJ yang merupakan pengguna aktif media sosial Instagram. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu memanfaatkan wawancara, observasi dan dokumentasi. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Agustus sampai dengan Desember 2022. Lokasi penelitian memanfaatkan platform media sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan jika terdapat faktor internal dalam membentuk perilaku FOMO yang meliputi pola pikir atau pandangan, serta perasaan yang ada pada para subjek penelitian. Sementara itu, faktor eksternal yang memicu munculnya perilaku FOMO yaitu penggunaan Instagram, serta pengaruh yang kuat dari lingkungan pertemanan. Kemudian penelitian ini menunjukkan jika FOMO menjadi sebuah perilaku yang tidak dapat dihindari karena adanya standar perilaku yang ditampilan oleh kelompok pertemanan mahasiswa pada platform Instagram sehingga kemudian memunculkan tekanan sosial yang membuat para subjek melakukan konformitas dan berdampak pada munculnya perilaku FOMO. Dan penelitian menunjukkan jika perilaku FOMO yang dialami oleh para subjek penelitian memberikan beberapa dampak positif seperti motivasi yang tinggi untuk meningkatkan produktivitas, hubungan pertemanan yang kuat, dan jaringan sosial yang luas. Sementara dampak negatif yang timbul akibat perilaku FOMO meliputi gaya hidup yang lebih konsumtif, kecenderungan untuk menunda pekerjaan penting, dan keinginan berlebihan untuk mengikuti berbagai aktivitas dalam waktu yang berdekatan (toxic productivity). Kata Kunci: FOMO, Media Sosial Instagram, Konformitas This study aims to describe the factors behind the formation of FOMO behavior experienced by six UNJ Community Education students. In addition, this study also aims to examine how conformity explains the phenomenon of FOMO among college students. And this study will describe the impact of FOMO behavior on students' social life. The theory used as the basis of reference in this study is the conformity theory initiated by Solomon Asch. This study used a qualitative approach, using the case study research method which was conducted online by utilizing Instagram social media as the main medium for research observation. The subjects in this study consisted of six students from the UNJ Community Education study program who are active users of Instagram social media. Data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. The time of research was carried out from August to December 2022. The research location utilized social media platforms. The results of this study indicate that there are internal factors in shaping FOMO behavior which include the mindset or views, as well as the feelings that exist in the research subjects. Meanwhile, external factors that trigger the emergence of FOMO behavior are the use of Instagram, as well as the strong influence of the friendship environment. Then this study shows that FOMO becomes a behavior that cannot be avoided because of the standard behavior displayed by student friendship groups on the Instagram platform, which then creates social pressure that makes the subjects conform and has an impact on the emergence of FOMO behavior. And research shows that the FOMO behavior experienced by research subjects has several positive impacts such as high motivation to increase productivity, strong friendships, and extensive social networks. Meanwhile, the negative impacts arising from FOMO behavior include a more consumptive lifestyle, a tendency to postpone important work, and an excessive desire to participate in various activities nearby (toxic productivity). Keywords: FOMO, Social Media Instagram, Conformity

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Marista Christina Shally Kabelen S.Fil., M.Hum. 2). Dr. Yuanita Aprilandini, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 18372 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2023 06:30
Last Modified: 16 Aug 2023 06:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39051

Actions (login required)

View Item View Item