ATHIYA LUTHFIANI RIHANI, . (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN BENDUNGAN HILIR 12 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (602kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (261kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) pada peserta didik kelas VA. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN Bendungan Hilir 12 Jakarta Pusat. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VA yang berjumlah 31 orang. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi model Kurt Lewin yang terdiri dari tiga siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data hasil belajar muatan IPA pada siklus I ranah kognitif, afektif dan psikomotor masing-masing adalah 65%, 61%, dan 58%. Pada siklus II ranah kognitif, afektif dan psikomotor masing-masing adalah 90%, 87%, dan 84%. Pada siklus III ranah kognitif, afektif dan psikomotor masing-masing adalah 90%, 94%, dan 90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VA SDN Bendungan Hilir 12 Jakarta Pusat sehingga guru dapat menggunakan model PBL sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA. ***** The purpose of this study is to improve students' scientific learning outcomes in grade VA through the implementation of the Problem Based Learning (PBL) method. The classroom action research was conducted at SDN Bendungan Hilir 12 Central Jakarta. This study had 31 students from class VA as participants. The classroom action research model employed in this study is an adaptation of Kurt Lewin's model, which consists of three cycles, each with four stages: planning, action, observation, and reflection. Data on science content learning results achieved 65% in the first cycle of the cognitive domain, 61% in the emotive domain, and 58% in the psychomotor domain. In cycle II, the cognitive domain achieved 90%, the affective domain 87%, and the psychomotor domain 84%. In cycle III, the cognitive domain achieves 90%, the affective domain 94%, and the psychomotor domain 90%. The study concluded that using the PBL learning model in science learning can improve the learning outcomes of grade VA students at SDN Bendungan Hilir 12 Central Jakarta, and that teachers can use the PBL model as an alternative to improve student learning outcomes in science learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Drs. A. R. Supriatna, M.Pd. ; 2) Dra. Rosinar Siregar, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 18590 not found. |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 03:07 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 03:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39384 |
Actions (login required)
View Item |