PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL PIMPINAN EDURA TERKAIT KOORDINASI PEKERJAAN DI KANTOR TERHADAP KINERJA PEGAWAI EDURA UNIVERSITY BUSINESS CENTER UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA PADA TAHUN 2021-2022

BIMANTARA KRISNA, . (2023) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL PIMPINAN EDURA TERKAIT KOORDINASI PEKERJAAN DI KANTOR TERHADAP KINERJA PEGAWAI EDURA UNIVERSITY BUSINESS CENTER UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA PADA TAHUN 2021-2022. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER .pdf

Download (821kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi interpersonal Pimpinan dalam lingkungan kerja sangat penting karena memberikan pengaruh yang baik pada hubungan sosial antar pegawai. Sayangnya, komunikasi interpersonal yang telah terjalin antar pegawai di Edura mengalami penurunan pada periode tahun 2021-2022. dalam penelitian ini menyatakan bahwa komunikasi interpersonal pegawai Edura University Business Center mengalami penurunan pada tahun 2021 dengan nilai 79,3 dan pada 2022 memiliki nilai sebesar 74,3. Data tersebut menunjukan adanya penurunan pada aspek komunikasi interpersonal sebesar 5 poin. Lebih lanjut, peneliti juga menemukan adanya masalah pada layanan broadcasting Edura. Selanjutnya, peneliti melakukan pra survei kepada pegawai dengan jumlah 20 pegawai Edura University Business Center mendapatkan bahwa sebanyak 13 responden atau sebesar 65% pegawai merasa kepuasan kerja dikantor disebabkan karena komunikasi interpersonal. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel penelitian, yaitu Komunikasi Interpersonal sebagai variabel bebas dan Kinerja sebagai variabel terikat. Konsep komunikasi interpersonal yang digunakan adalah model komunikasi interpersonal milik Devito, sedangkan konsep kinerja yang digunakan adalah aspek-aspek kinerja pegawai yang dijelaskan oleh Bernadin dan Russel. Adapaun teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori relationships maintenance yang dicetuskan oleh Canary dan Dainton. Teori ini menjelaskan bagaimana usaha yang perlu diperhartikan untuk tetap menjaga hubungan agar tetap dalam kondisi yang spesifik. Penelitian ini menerapkan paradigma positivist dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 39 pegawai di kantor Edura University Business Center Universitas Negeri Jakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling sensus, sehingga seluruh populasi adalah sampel. Data yang peneliti gunakan adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Penelitian ini menerapkan metode analisis data univariat dan bivariat dengan analisis regresi linear sederhana dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi interpersonal pimpinan Edura mampu memberikan dorongan positif pada performa pegawai saat bekerja. Selain itu, kinerja pegawai Edura University Business Center selama bekerja bergantung pada hubungan sosial yang terjalin antara pegawai maupun atasan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara komunikasi interpersonal terhadap kinerja pegawai Edura University Business Center Pada Tahun 2022-2023. Hal tersebut dibuktikan dari adanya komunikasi interpersonal dalam bentuk keterbukaan informasi dan rasa saling memahami satu sama lain pegawai dalam menciptakan lingkungan kerja yang lebih nyaman. Walaupun komunikasi interpersonal pegawai memiliki pengaruh yang baik terhadap performa, tetap saja kualitas pegawai dinilai dari hasil yang telah dikerjakan. Kesimpulan dari penelitian ialah komunikasi interpersonal yang meliputi keterbukaan, empati dan sikap mendukung mampu mempengaruhi kinerja pegawai dalam bekerja, akan tetapi komunikasi interpersonal harus memberikan pengaruh positif satu sama lain tidak hanya oleh satu pihak saja. Oleh sebab itu, saran yg diberikan bagi kepada pegawai yaitu dengan memperbaiki komunikasi interpersonal yang terjalin sesama pegawai, pegawai perlu untuk menjaga komunikasi yang baik antar rekan kerja dalam meningkatkan kerjasama tim , dan dapat memahami perbedaan pendapat satu sama lain agar tercipta kinerja yang baik. Kata Kunci: Komunikasi interpersonal, Kinerja, Pegawai Interpersonal communication Leaders in the work environment is very important because it has a good influence on social relations between employees. Unfortunately, the interpersonal communication that has existed between employees at Edura has decreased in the 2021-2022 period. in this study states that the interpersonal communication of Edura University Business Center employees has decreased in 2021 with a value of 79.3 and in 2022 has a value of 74.3. The data shows a decrease in the aspect of interpersonal communication by 5 points. Furthermore, the researchers conducted a pre-survey of 20 employees at Edura University Business Center and found that 13 respondents or 65% of employees felt job satisfaction at the office was due to interpersonal communication. In this study there are two research variables, namely Interpersonal Communication as the independent variable and Performance as the dependent variable. The interpersonal communication concept used is Devito's interpersonal communication model, while the performance concept used is Dessler's employee performance aspects. The theory used in this research is the relationship maintenance theory proposed by Canary and Dainton. This theory explains how effort needs to be considered to maintain relationships in specific conditions. This study applies a positivist paradigm with a quantitative approach. The population in this study were 39 employees at the Edura University Business Center Jakarta State University. The sampling technique used is a census sampling technique, so that the entire population is a sample. The data that researchers use are primary data by distributing questionnaires to respondents. This study applies univariate and bivariate data analysis methods with simple linear regression analysis and coefficient of determination. The results showed that the interpersonal communication of Edura's leadership was able to provide a positive boost to employee performance at work. In addition, the performance of Edura University Business Center employees while working depends on the social relations that exist between employees and superiors. The results of this study also show that there is a strong and significant influence between interpersonal communication on the performance of Edura University Business Center employees in 2022- 2023. This is evidenced by the existence of interpersonal communication in the form of information disclosure and a sense of mutual understanding iii among employees in creating a more comfortable work environment. Even though employee interpersonal communication has a good influence on performance, still the quality of employees is judged by the results that have been done. The conclusion from the study is that interpersonal communication which includes openness, empathy and a supportive attitude can influence employee performance at work, but interpersonal communication must have a positive influence on one another, not only by one party. Therefore, the advice given to employees is to improve interpersonal communication among employees, employees need to maintain good communication between co-workers to improve teamwork, and be able to understand differences of opinion with each other in order to create good performance. Keywords: Interpersonal Communication, Performance, Employees

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dini Safitri, M.Si. 2). Marisa Puspita Sary, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 18385 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:40
Last Modified: 06 Sep 2023 01:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39397

Actions (login required)

View Item View Item