NATASHA HERA PRAMESYA, . (2020) PENGARUH LERNTAGEBUCH TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN SISWA KELAS XII SMA NEGERI 31 JAKARTA TEMA FREIZEIT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER-NIM.pdf Download (65kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (805kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (285kB) |
|
Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf Download (216kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (373kB) |
|
Text
ZUSAMMENFASSUNG.pdf Download (306kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (296kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (496kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (513kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (785kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (298kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK NATASHA HERA PRAMESYA. 2020. Pengaruh Lerntagebuch Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XII SMA Negeri 31 Jakarta Tema Freizeit. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lerntagebuch terhadap hasil belajar keterampilan menulis bahasa Jerman siswa kelas XII SMA terkait topik Kegiatan Waktu Senggang (Freizeit). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 31 Jakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 bulan September 2019 sampai dengan bulan Oktober 2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan desain penelitian PretestPosttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 31 Jakarta yang mendapatkan mata pelajaran bahasa Jerman dan sedang mempelajari topik Kegiatan Waktu Senggang (Freizeit). Pada penelitian ini sampel diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling yang terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan instrumen penelitian yang berupa tes keterampilan menulis sebuah karangan bahasa Jerman dan instrumen tersebut telah diuji validitasnya dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment, serta reliabilitasnya menggunakan rumus Cronbach Alpha. Data penelitian ini diambil berdasarkan hasil tes menulis yang dihitung dengan menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian diketahui bahwa t-hitung Pretest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 1,108 dengan t-tabel pada taraf signifikansi ɑ = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 34. Sedangkan hasil t-hitung Posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 3,485. Dari hasil penghitungan tersebut dapat diketahui bahwa t-hitung hasil Pretest lebih kecil dari t-tabel dan t-hitung hasil Posttest lebih besar dari t-tabel. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa Ho ditolak. Dari hasil uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Lerntagebuch terhadap hasil belajar keterampilan menulis bahasa Jerman siswa kelas XII SMA Negeri 31 Jakarta terkait topik Kegiatan Waktu Senggang (Freizeit). Kata kunci: Lerntagebuch, Hasil Belajar, Keterampilan Menulis ABSTRACT NATASHA HERA PRAMESYA. 2020. The Effect of Lerntagebuch on Learning Outcomes of German Writing Skills in Class XII Students of SMA Negeri 31 Jakarta on Freizeit Themes. Thesis, Jakarta: German Language Education Study Program, Faculty of Language and Art, Jakarta State University. This study aims to determine the effect of Lerntagebuch on the learning outcomes of German writing skills in class XII high school students related to the topic of Free Time Activity (Freizeit). This research was conducted at SMA Negeri 31 Jakarta in the odd semester of the 2019/2020 academic year from September 2019 to October 2019. The method used in this study was a quantitative method with a Pretest-Posttest Control Group Design research design. The population in this study were all students of class XII 31 Jakarta High School who received German subjects and were studying the topic of Free Time Activities (Freizeit). In this study the sample was taken using the Simple Random Sampling technique which consisted of one experimental class and one control class. Data collection techniques in this study were carried out by providing a research instrument in the form of a test of writing skills in a German essay and the instrument was tested for validity using the Pearson Product Moment formula, and its reliability using the Cronbach Alpha formula. The research data was taken based on the results of the writing test which was calculated using the t-test. From the results of the study note that the pretest t-count in the experimental class and the control class of 1,108 with t-table at a significance level ɑ = 0.05 and degrees of freedom (dk) = 34. While the results of the t-test from posttest in the experimental class and the control class in the amount of 3,485. From the results of these calculations it can be seen that the t-count pretest results are smaller than t-tables and the t-count results are greater than t-tables. Based on these results it can be seen that Ho was rejected. From the results of the hypothesis test it can be concluded that there is an influence of the use of Lerntagebuch on the learning outcomes of German writing skills in class XII students of SMA Negeri 31 Jakarta related to the topic of Free Time Activity (Freizeit). Keywords: Lerntagebuch, Learning Outcomes, Writing Skills.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ellychristina DH, M.Pd. ; 2). Dra. Santiah M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman |
Depositing User: | Users 807 not found. |
Date Deposited: | 11 Mar 2020 12:51 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 12:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3967 |
Actions (login required)
View Item |