HUBUNGAN PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR, PRAKTIK KERJA LAPANGAN, DAN PERSEPSI TENTANG DIRI UNTUK BERPROFESI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DENGAN MINAT MENJADI GURU

YULI MAULIDA, . (2023) HUBUNGAN PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR, PRAKTIK KERJA LAPANGAN, DAN PERSEPSI TENTANG DIRI UNTUK BERPROFESI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DENGAN MINAT MENJADI GURU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Minat menjadi guru yang rendah pada mahasiswa kependidikan dapat mempengaruhi kualitas pendidikan di Indonesia. Beberapa faktor yang akan diteliti dan dapat mempengaruhi minat menjadi guru adalah Praktik Keterampilan Mengajar (PKM), informasi dunia industri dengan digunakan variabel yang relevan yaitu program Praktik Kerja Lapangan (PKL) di industri, dan persepsi tentang diri untuk berprofesi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro UNJ untuk berminat menjadi guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Praktik Keterampilan Mengajar, Praktik Kerja Lapangan, dan persepsi tentang diri dengan minat menjadi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan metode deskriptif korelatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro UNJ angkatan 2019 yang telah melaksanakan PKM dan PKL. Hasil dari penelitian adalah 1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) dengan minat menjadi guru dengan nilai korelasi rhitung>rtabel (0,303>0,294), serta taraf signifikansi sebesar (0,043<0,05) dan nilai thitung>ttabel (2,085>2,020); 2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan minat menjadi guru dengan nilai korelasi rhitung>rtabel (0,302 > 0,294), serta taraf signifikansi sebesar (0,044<0,05) dan nilai thitung>ttabel (2,080>2,020); 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi tentangg diri untuk berprofesi guru dengan minat menjadi guru dengan nilai korelasi rhitung>rtabel (0,625>0,294), serta taraf signifikansi sebesar (0,001<0,05) dan nilai thitung>ttabel (5,253>2,020); 4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Praktik Keterampilan Mengajar (PKM), Praktik Kerja Lapangan (PKL), dan persepsi tentang diri untuk berprofesi guru secara bersama-sama dengan minat menjadi guru dengan nilai korelasi rhitung>rtabel (0,702>0,294), serta taraf signifikansi (0,001<0,05) dan nilai Fhitung>Ftabel (13,256 > 2,827). ***** Low interest in becoming a teacher in education students can affect the quality of education in Indonesia. Some factors that will be researched and can influence interest in becoming a teacher are Teaching Skills Practice (PKM), industrial information with relevant variables used, namely the Field Work Practice (PKL) program in industry, and perceptions of themselves to become teachers in UNJ Electrical Engineering Education students to be interested in becoming teachers. The purpose of this study is to determine the relationship between Teaching Skills Practice, Field Work Practice, and self-perception with interest in becoming a teacher. This study used an associative quantitative approach with a correlative descriptive method. The sample in this study is UNJ Electrical Engineering Education students class of 2019 who have implemented PKM and PKL. The results of the study were 1) there was a positive and significant relationship between Teaching Skills Practice (PKM) and interest in becoming a teacher with a correlation value of rcalculate>rtable (0.303>0.294), as well as a level of significance of (0.043<0.05) and a value of tcalculate>ttable (2.085>2.020); 2) there is a positive and significant relationship between Field Work Practice (PKL) and interest in becoming a teacher with a correlation value of rcalculate>rtable (0.302 > 0.294), and significance levels of (0.044<0.05) and tcalculate>ttable values (2.080>2.020); 3) there is a positive and significant relationship between self-perception of the teacher profession and interest in becoming a teacher with a correlation value of rcalculate>rtable (0.625>0.294), and a significance level of (0.001<0.05) and tcalculate>ttable value (5.253>2.020); 4) there is a positive and significant relationship between Teaching Skills Practice (PKM), Field Work Practice (PKL), and the perception of oneself to become a teacher together with the interest in becoming a teacher with a correlation value of rcalculate>rtable (0.702>0.294), as well as a level of significance (0.001<0.05) and a value of Fcalculate>Ftable (13.256>2.827).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Soeprijanto, M.Pd. ; 2). Dr. Faried Wadjdi, M.Pd., M.M.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 19125 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:46
Last Modified: 04 Sep 2023 06:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39979

Actions (login required)

View Item View Item