ILHAM FEBRIANTO, . (2023) HUBUNGAN KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERISTAS NEGERI JAKARTA DENGAN MOTIVASI MENJADI GURU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui tingkat hubungan keaktifan berorganisasi dengan motivasi menjadi guru; (2) Mengetahui tingkat hubungan prestasi belajar dengan motivasi menjadi guru; (3) Mengetahui tingkat hubungan keaktifan berorganisasi dan prestasi belajar secara bersama-sama dengan motivasi menjadi guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel berjumlah 50 mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket dan dokumentasi. Angket akan digunakan untuk mengumpulkan data variabel keaktifan berorganisasi dan motivasi menjadi guru, dan dokumentasi berupa DHS yang mana nilai MKDK dan MKKPP sebagai prestasi belajar. Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan Pearson Product Moment dan Alpha Crobach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linieritas, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat hubungan yang positif antara keaktifan berorganisasi dengan motivasi menjadi guru seperti yang ditunjukkan pada nilai rhitung > rtabel (0,387 > 0,279); (2) Terdapat hubungan yang positif antara prestasi belajar dengan motivasi menjadi guru seperti yang ditunjukkan pada nilai rhitung > rtabel (0,305 > 0,279); (3) Terdapat hubungan yang positif antara keaktifan berorganisasi dan prestasi belajar secara bersama-sama dengan motivasi menjadi guru seperti yang ditunjukkan pada nilai rhitung > rtabel (0,499 > 0,279). Maka dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang positif antara keaktifan berorganisasi dengan motivasi menjadi guru, (2) Terdapat hubungan antara prestasi belajar dengan motivasi menjadi guru, dan (3) Terdapat hubungan antara keaktifan berorganisasi dan prestasi belajar secara bersama-sama dengan motivasi menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. ***** The aim of this research was to: (1) Knowing the level of between organization activity with motivation to become a teacher; (2) Knowing the level of between learning achievement with motivation to become a teacher; (3) Knowing the level between organization activity and learning achievement with motivation to become a teacher. The sampling technique used is purposive sampling with sample of 50 students of the Electrical Engineering Education Program. This research is a correlational research with a quantitative approach. Data collection used instrument in the form of questionnaire and documentation. Questionnaire used to collect data for organization activity and motivation to become a teacher as variables, and documentation is in form of DHS which is the grade are MKDK and MKKPP as learning achievement. Testing the validity and reability of the instrument use Pearson Product Moment and Alpha Crobach. The analysis prerequisite test used normality and linearity tests, the the data analyze using Pearson Product Moment. The result showed: (1) There is a positive relationship between organization activity with motivation to become a teacher as shown in the value of rcount > rtable (0,387 > 0,279); (2) There is a positive relationship between learning achievement with motivation to become a teacher as shown in the value of rcount > rtable (0,305 > 0,279),; (3) There is a positive relationship between organization activity and learning achievement with motivation to become a teacher as shown in the value rcount > rtable (0,499 > 0,279). So it can be concluded that (1) There is a positive relationship between organization activity with motivation to become a teacher, (2) There is a positive relationship between learning achievement with motivation to become a teacher, and (3) There is a positive relationship between organization activity and learning achievement with motivation to become a teacher.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Soeprijanto, M.Pd, : 2). Dr. Daryanto, M.T. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Users 19120 not found. |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 05:27 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 05:27 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40056 |
Actions (login required)
View Item |