IMPLEMENTASI PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 MAWASANGKA TENGAH DAN SMA NEGERI 2 MAWASANGKA TENGAH

LA RAMA, . (2023) IMPLEMENTASI PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 MAWASANGKA TENGAH DAN SMA NEGERI 2 MAWASANGKA TENGAH. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover Lengkap.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang 1) Implementasi penilaian portofolio dalam pembelajaran sejarah, 2) Respon guru dan peserta didik terhadap implementasi penilaian portofolio dalam pembelajaran sejarah dan 3) Kendala yang dihadapi guru dalam implementasi penilaian portofolio dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Mawasangka Tengah dan SMA Negeri 2 Mawasangka Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Guru dan peserta didik sebagai informan penelitian dengan menggunakan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan portofolio secara tepat tidak saja meningkatkan kompetensi spesifik pada bidang studi tertentu tetapi juga kompetensi yang bersifat umum yang diperlukan dalam kehidupan seperti berpikir kritis, berpikir reflektif, memahami kelebihan dan kelemahan diri, menemukan strategi untuk meningkatkan kompetensi, gigih dan menjadi pembelajar yang mandiri. Penilaian portofolio yang perlu diperhatikan yaitu indikator penilaian, prinsip-prinsip penilaian dan fungsi serta tujuan dalam penilaian portofoio sehingga perkembangan kemampuan dan bakat peserta didik dapat dipantau dengan baik. 2) Respon guru dan peserta didik merasa senang, antusias dan lebih nyaman dalam melaksanakan penilaian portofolio karena mampu merangkum semua tugas-tugas peserta didik dan lebih memudahkan dalam proses penilaian hasil belajar peserta didik. 3) Kendala yang dihadapi guru yaitu cenderung lebih memperhatikan hasil akhir dibandingkan proses pembuatan portofolio, inkonsistensi guru terhadap indikator penilaian dan memerlukan waktu yang relatif dalam melakukan penilaian terhadap hasil belajar peserta didik. This study aims to find out about 1) Implementation of portfolio assessment in history learning, 2) Teacher and student responses to the implementation of portfolio assessment in history learning and 3) Obstacles faced by teachers in implementing portfolio assessment in history learning. This research was conducted at SMA Negeri 1 Mawasangka Tengah and SMA Negeri 2 Mawasangka Tengah. This study uses a qualitative method with a case study approach with data collection techniques through observation, interviews and document studies. Teachers and students as research informants used data analysis techniques including data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the study show that 1) The proper use of portfolios does not only improve specific competencies in certain fields of study but also general competencies needed in life such as critical thinking, reflective thinking, understanding one's strengths and weaknesses, finding strategies to improve competence, being persistent, and become independent learners. Portfolio assessment that needs to be considered is the assessment indicators, the principles of assessment and the functions and objectives in portfolio assessment so that the development of students' abilities and talents can be properly monitored. 2) The response of teachers and students feels happy, enthusiastic and more comfortable in carrying out portfolio assessments because they are able to summarize all the tasks of students and make it easier in the process of assessing student learning outcomes. 3) The constraints faced by teachers are that they tend to pay more attention to the final result than the process of making a portfolio, the teacher's inconsistency with the assessment indicators and the need for relatively long time in assessing student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). DR. Umasih, M. Hum 2). DR. M. Fakhruddin, M. Si
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 19184 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2023 05:40
Last Modified: 30 Aug 2023 05:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40385

Actions (login required)

View Item View Item