KEWIRAUSAHAAN DIGITAL PADA GENERASI MILLENIAL STUDI KASUS PADA KEWIRAUSAHAAN DIGITAL TERASANALOGI.ID

DANAR HANDONO, . (2023) KEWIRAUSAHAAN DIGITAL PADA GENERASI MILLENIAL STUDI KASUS PADA KEWIRAUSAHAAN DIGITAL TERASANALOGI.ID. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Danar 4825163838 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Danar 4825163838 BAB 1.pdf

Download (689kB)
[img] Text
Skripsi Danar 4825163838 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi Danar 4825163838 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi Danar 4825163838 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi Danar 4825163838 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi Danar 4825163838 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (492kB)
[img] Text
Skripsi Danar 4825163838 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy

Abstract

Danar Handono, Kewirausahaan Digital Pada Generasi Millenial (Studi Kasus Pada Kewirausahaan Digital Terasanalogi.id). Skripsi. Jakarta. Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk mendeskripsikan gambaran kewirausahaan digital pada Terasanalogi.id, Kedua, untuk mendeskripsikan hambatan dan tantangan yang dihadapi mahasiswa sebagai bentuk kewirausahaan digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Subjek penelitian terdiri dari empat informan pada usaha berbasis digital mahasiswa Terasanalogi.id. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2022 – Juli 2023. Lokasi Penelitian bertempat di Jakarta. Hasil temuan yang diperoleh dalam penelitian ini dapat ditemukan bahwa ada motif eksternal yang mendorong generasi muda dalam perilaku berwirausaha digital mereka, yaitu pencarian prestise atau biasa disebut pamor atau status sosial di tengah masyarakat. Kewirausahaan Digital pada Terasanalogi.id dimotori oleh anak muda, yakni mahasiswa. Mereka menjual karya berupa kaos, totebag, korek dan stiker yang memiliki ciri khas dalam setiap desainnya, terutama yang berkaitan dengan semangat membangun masa depan. Sementara hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh Terasanalogi.id terdiri dari kompetitor, digital marketing, target pasar, meyakinkan calon pembeli, finansial, loyalitas pelanggan, kecepatan pelayanan dan penanganan komplain. Kata Kunci: Kewirausahaan Digital, Mahasiswa. Digital Entrepreneurship in the Millennial Generation (Case Study on Digital Entrepreneurship Terasanalogi.id). Thesis. Jakarta. Department of Sociology, Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta, 2023. The research has two objectives. First, to describe the picture of digital entrepreneurship at Terasanalogi.id, Second, to describe the obstacles and challenges faced by students as a form of digital entrepreneurship. This research uses a descriptive qualitative approach with a case study method. Research data were obtained through observation, interviews, documentation and literature study. The research subjects consisted of four informants in the digital- based business of Terasanalogi.id students. This research was conducted in March 2022 - July 2023. The research location is in Jakarta. The findings obtained in this study can be found that there are external motives that encourage young people in their digital entrepreneurial behavior, namely the search for prestige or commonly called pamor or social status in the community. Digital Entrepreneurship at Terasanalogi.id is driven by young people, namely students. They sell works in the form of t-shirts, totebags, lighters and stickers that have distinctive characteristics in each design, especially those related to the spirit of building the future. While the obstacles and challenges faced by Terasanalogi.id consist of competitors, digital marketing, target market, convincing prospective buyers, finance, customer loyalty, service speed and complaint handling. Keywords: Digital Entrepreneurship, Students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Devi Septiandini, M.Pd. 2). Meila Riskia Fitri, S.Pd., M.A.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 19037 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:15
Last Modified: 31 Aug 2023 02:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40459

Actions (login required)

View Item View Item