PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN "YUK, KENALI WALISONGO!" BERBASIS WEBSITE PADA MATERI PAI KELAS X

QIBTIYAH KHOIRU SALSABILLA, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN "YUK, KENALI WALISONGO!" BERBASIS WEBSITE PADA MATERI PAI KELAS X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran materi walisongo memiliki urgensi agar peserta didik dapat menambahkan wawasan tentang walisongo, menerapkan nilai keislaman, dan bersikap moderat. Namun pada realitanya, materi walisongo yang terlalu banyak dengan menggunakan media yang kurang menarik membuat materi kurang dipahami. Oleh karena itu, solusi dalam materi walisongo adalah dengan mengembangkan media pembelajaran “Yuk, Kenali Walisongo!” berbasis website. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kebutuhan, tahap perancangan, tahap pengembangan, implementasi, serta evaluasi dari media pembelajaran “Yuk, Kenali Walisongo!”. Penelitian ini menggunakan teori tentang pengembangan media pembelajaran dengan model pengembangan ADDIE dan juga teori hasil belajar yang dikemukakan oleh Gagne dan Bloom. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Tahap analisis, melakukan observasi tentang kebutuhan media pada pembelajaran materi walisongo dan karakteristik peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Tahap perancangan, dimulai dengan pembuatan peta kompetensi, peta materi, garis besar isi media, dan rancangan tampilan website yang ingin dibuat. Tahap pengembangan, mengembangkan media dengan melakukan uji validasi kepada para ahli. Tahap implementasi, peserta didik menggunakan media pembelajaran “Yuk, Kenali Walisongo!” dalam pembelajaran materi walisongo dengan subjek penelitian peserta didik kelas X-B, X-C, dan X-D SMAN 100 Jakarta. Tahap evaluasi, mengevaluasi hasil yang telah dilalui dengan tahapan sebelumnya dan melakukan perbaikan. Teknik analisis validitas instrument kelayakan media menggunakan SBI sehingga media pembelajaran “Yuk, Kenali Walisongo!” dikatakan layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada materi walisongo. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Walisongo, Website. Walisongo material has an urgency so that students can add insight about walisongo, apply Islamic values, and be moderate. But in reality, too much walisongo material using unattractive media makes the material less understandable. Therefore, the solution in walisongo material is to develop learning media "Come on, Get to Know Walisongo!" website based. Thus, the purpose of this study was to determine the needs analysis, design stage, development stage, implementation, and evaluation of the learning media "Come on, Get to Know Walisongo!". This study uses the theory of the development of learning media with the ADDIE development model and also the theory of learning outcomes put forward by Gagne and Bloom. This research uses research and development (R&D) method. The analysis phase, made observations about the needs of the media in learning walisongo material and the characteristics of students in learning activities. The design stage begins with the creation of competency maps, material maps, outlines of media content, and the design of the website appearance that you want to make. The development stage, developing the media by conducting validation tests on experts. In the implementation phase, students use the learning media "Come on, Get to Know Walisongo!" in learning walisongo material with research subjects of class X-B, X-C, and X-D SMAN 100 Jakarta. The evaluation phase evaluates the results that have been passed with the previous stages and makes improvements. The validity analysis technique of the media feasibility instrument uses SBI so that the learning media "Come on, Get to Know Walisongo!" said to be feasible and effective in improving learning outcomes on walisongo material. Keywords: Learning Media, Walisongo,Website

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Andy Hadiyanto, MA. 2). Dr. Sari Narulita, Lc., M.Si.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 19049 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:24
Last Modified: 04 Sep 2023 01:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40640

Actions (login required)

View Item View Item