PERAN DUKUNGAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN SELF-EFFICACY PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SD

CHIKA ALIFIA, . (2023) PERAN DUKUNGAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN SELF-EFFICACY PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
BAB.4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui pendekatan Naturalistic inquiry yang bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dukungan sosial primer pada siswa kelas III SDN Pondok Jaya 03 dan untuk mengetahui pentingnya dukungan sosial dalam meningkatkan self-efficacy siswa III SDN Pondoka Jaya 03 pada mata pelajaran IPS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Pondok Jaya 03. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data model Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles & Hubberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk dukungan sosial yang diberikan orang tua dan teman sebaya sudah terpenuhi bagi siswa. Mulai dari dukungan emosional, dukungan instrumental, dan dukungan informasi. Selain itu, dukungan sosial beperan penting dalam meningkatkan self-efficacy siswa pada mata pelajaran IPS. Oleh karena itu, penting bagi orang tua memberikan dukungan sosial pada anak untuk meningkatkan self-efficacy siswa terutama pada mata pelajaran IPS.*****This study uses a descriptive qualitative method through a Naturalistic inquiry approach which aims to describe the form of primary social support in class III students at SDN Pondok Jaya 03 and to find out the importance of social support in increasing the self-efficacy of students III at SDN Pondok Jaya 03 on social studies subjects. The subjects of this study were class III students at SDN Pondok Jaya 03. Data collection techniques in this study used observation, interviews and documentation. The data that has been collected is then analyzed using a data analysis model. The data analysis technique in this study uses the Miles & Hubberman model. The results of this study indicate that the form of social support provided by parents and peers has been fulfilled for students. Starting from emotional support, instrumental support, and information support. In addition, social support plays an important role in increasing students' self-efficacy in social studies subjects. Therefore, it is important for parents to provide social support to children to increase student self-efficacy, especially in social studies subjects.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yustia Suntari S.Pd, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Yurniwati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 19702 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2023 00:53
Last Modified: 08 Sep 2023 00:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40739

Actions (login required)

View Item View Item