PENGARUH MODUL PEMBELAJARAN OBSERVASI INSTALASI LISTRIK DIRUMAH DAN PENGGUNAAN JOBSHEET TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TITL SMK BUNDA KANDUNG JAKARTA

ELFRIDA NAHAMPUN, . (2023) PENGARUH MODUL PEMBELAJARAN OBSERVASI INSTALASI LISTRIK DIRUMAH DAN PENGGUNAAN JOBSHEET TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TITL SMK BUNDA KANDUNG JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (996kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Modul Pembelajaran Observasi Instalasi Listrik Dirumah dan Penggunaan Jobsheet Terhadap Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Siswa Kelas XI TITL SMK Bunda Kandung Jakarta. Perbedaan Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik Antara Kelompok Siswa Yang Menggunakan Modul Observasi Instalasi Listrik Di Rumah, Dengan Kelompok Siswa Yang Menggunakan Lembar Jobsheet Praktik Di Sekolah Pada Siswa Kelas XI TITL SMK Bunda Kandung. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan metode quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Bunda Kandung. Sampel penelitian ini kelas XI TITL 1 sebagai kelompok eksperimen dan XI TITL 2 sebagai kelompok kontrol sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan postest. Hasil penelitian menyatakan modul pembelajaran observasi instalasi listrik dirumah berpengaruh positif secara signifikan dan memiliki perbedaan yang signifikan disbanding penggunaan jobsheet dengan diperoleh nilai signifikansi = 0,002, yang berarti lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan Nilai rata-rata yang diperoleh oleh kelas ekperimen sebesar 78.30, sedangkan untuk nilai kelas kontrol diperoleh nilai 72.20. ***** This study aims to determine the effect of the Observation Learning Module on Electrical Installation at Home and the Use of Jobsheets on Inquiry Learning in the Electrical Lighting Installation Subject for Class XI TITL SMK Bunda Kandung Jakarta. Differences in Electrical Lighting Installation Learning Outcomes Between Groups of Students Using the Electrical Installation Observation Module at Home, and Groups of Students Using Practice Worksheets in Schools for Grade XI TITL Students at Bunda Kandung Vocational High School. This type of research is quantitative with a quasi-experimental method approach. The population of this research is the students of Bunda Kandung Vocational School. The research sample was class XI TITL 1 as the experimental group and XI TITL 2 as the control group, consisting of 40 students. Data collection techniques using pretest and posttest.The results of the study stated that the learning module for observing electrical installations at home had a significantly positive effect and had a significant difference compared to using a jobsheet with a significance value of = 0.002, which means less than 0.05. Thus, Ho is rejected and H1 is accepted. With an average value obtained by the experimental class of 78.30, while for the value of the control class obtained a value of 72.20.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muksin, M. Pd ; 2). Dr. Faried Wadjdi, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 19017 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2023 01:07
Last Modified: 05 Sep 2023 01:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40875

Actions (login required)

View Item View Item