PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “HENING” BERBASIS ANDROID PADA MATERI IBADAH HAJI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN 6 DEPOK

TAUFIK FEBRIANSYAH, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “HENING” BERBASIS ANDROID PADA MATERI IBADAH HAJI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN 6 DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (924kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (609kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Taufik Febriansyah, Pengembangan Media Pembelajaran “HENING” Berbasis Android Pada Materi Ibadah Haji Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 6 Depok, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Tahun 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil kebutuhan media pembelajaran siswa, merancang model media pembelajaran untuk siswa, membuat dan menghasilkan produk berupa media pembelajaran, mengimplementasikan media pembelajaran pada materi ibadah haji, dan mengevaluasi media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Model pendekatan ini dikembangkan oleh Robert Maribe Branch, yang melalui 5 tahap dalam pengembangan. Tahap Analysis dilakukan dengan menganalisis kebutuhan media pembelajaran yang dibutuhkan siswa dam proses pembelajaran. Tahap Design, tahap perancangan dasar tampilan dengan melakukan perancangan melalui aplikasi canva, peta materi dilakukan dengan mencari dan menyesuaikan materi yang akan ditampilkan di media “HENING”, dan garis besar isi media yang dilakukan dengan membuat struktur isi media yang akan dibuat. Tahap Development, pengembangan dilakukan dengan mulai membuat media melalui software Adobe Animate dari fase awal sampai sudah menjadi media yang siap untuk di validasi serta di ujicoba. Tahap Implementation, peserta didik mengerjakan soal pretest sebelum dan posttest setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran Video Animasi. Tahap Evaluation, mengevaluasi hasil pada tahapan-tahapan yang telah dilalui serta melakukan revisi terhadap media. Penelitian ini mengambil subyek penelitian yang diambil dari peserta didik kelas X di SMAN 6 Depok. Teknik analisis validitas media dan materi menggunakan SBI, sedangkan untuk analisis keterbacaan hasil belajar siswa diukur menggunakan tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukan nilai validasi ahli media sebesa sedar 83,75% yang termasuk dalam kategori “baik”, sedankan untuk validasi ahli materi memperoleh nilai sebesar 97,5% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Siswa juga diberikan soal untuk menganalisis hasil keterbacaan siswa dan hasilnya banyaknya yang mampu menjawab soal yang di berikan setelah menggunakan media pembelajaran HENING. Berdasarkan hasil pengembangan dan penelitian yang telah dilakukan, media pembelajaran HENING dinyatakan layak, karena siswa mampu menjawab soal dan salah satu indikatornya adalah materi yang ada di media HENING mudah dipahami meskipun ada beberapa revisi dari paka media dan materi. Kata Kunci : Media Pembelajaran, HENING, Meningkatkan Hasil Belajar, Android. ABSTRACT Taufik Febriansyah, Development of Android-based "HENING" learning media on Hajj material to improve the learning outcomes of grade X students of SMAN 6 Depok, Islamic Religious Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, in 2023. The purpose of this study is to analyze the results of student learning media needs, design learning media models for students, create and produce products in the form of learning media, implement learning media on Hajj pilgrimage materials, and evaluate learning media used in the learning process that has been implemented. The type of research used is Research and Development with the ADDIE approach (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. This approach model was developed by Robert Maribe Branch, who went through 5 stages in development. The Analysis stage is carried out by analyzing the needs of learning media needed by students and the learning process. Design stage, the basic design stage of the display by designing through the Canva application, the material map is done by searching and adjusting the material to be displayed in the "HENING" media, and the outline of the contents of the media which is done by structuring the content of the media to be created. Development stage, development is carried out by starting to create media through Adobe Animate software from the initial phase until it has become media that is ready to be validated and tested. In the Implementation stage, students do pretest questions before and posttest after participating in learning using Video Animation learning media. Evaluation stage, evaluating the results at the stages that have been passed and revising the media. This study took research subjects taken from grade X students at SMAN 6 Depok. Media and material validity analysis techniques use SBI, while for readability analysis student learning outcomes are measured using frequency distribution tables . The results showed that the validation value of media experts was 83.75% which was included in the "good" category, while for material expert validation obtained a value of 97.5% which was included in the "very good" category. Students are also given questions to analyze the results of student readability and the results are that many are able to answer the questions given after using HENING learning media. Based on the results of development and research that has been done, HENING learning media is declared feasible, because students are able to answer questions and one of the indicators is that the material in HENING media is easy to understand even though there are several revisions of media and material. Keywords: Learning Media, HENING, Android.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muhamad Ridwan Effendi, M.Ud. 2). Dr. Izzatul Mardhiah, MA.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 19467 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2023 04:53
Last Modified: 15 Sep 2023 04:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41239

Actions (login required)

View Item View Item