PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM PADA PELAKU UMKM KULINER PONDOK JAYA (D’KUPON)

ISMAIL IBRAHIM, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM PADA PELAKU UMKM KULINER PONDOK JAYA (D’KUPON). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (938kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video interaktif untuk meningkatkan pengetahuan social media marketing instagram bagi para pelaku UMKM Kuliner Pondok Jaya (D’KUPON). Responden dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi dan pengguna yaitu pelaku UMKM Kuliner Pondok Jaya sebanyak 15 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research & development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Setelah dilaksanakan uji kelayakan dan uji pengguna, hasil yang didapatkan dari ahli media mencapai 86,6% dengan kriteria sangat layak, ahli materi mencapai 88,4% dengan kriteria sangat layak, dan pengguna mencapai 86,7% dengan kriteria sangat layak. Hasil penilaian pre-test sebesar 50,5% dan mengalami kenaikan pada post-test sebesar 86,7%. Dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan berupa video interaktif untuk meningkatkan pengetahuan social media marketing instagram bagi pelaku UMKM Kuliner Pondok Jaya sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan pengetahuan pengguna. KATA KUNCI: Social Media Marketing, Instagram, Media Pembelajaran, Media Audio Visual, Video Interaktif ***** This study aims to develop interactive video learning media to increase knowledge of social media marketing instagram for Pondok Jaya Culinary MSME players (D'KUPON). Respondents in this study were media experts, material experts and users, namely 15 Pondok Jaya Culinary MSME players. This study uses a research & development research method using the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). After conducting feasibility tests and user tests, the results obtained from media experts reached 86.6% with very feasible criteria, material experts reached 88.4% with very feasible criteria, and users reached 86.7% with very feasible criteria. The results of the pre-test assessment amounted to 50.5% and increased in the post-test by 86.7%. It can be concluded that the media developed in the form of interactive videos to increase knowledge of social media marketing instagram for Pondok Jaya Culinary MSME players is very feasible to use as learning media and can increase user knowledge. KEY WORDS: Social Media Marketing, Instagram, Learning Media, Audio Visual Media, Interactive Video

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sri Koeswantono, M.Si. ; 2). Karta Sasmita, S.Pd, M.Si, Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 20029 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2023 23:54
Last Modified: 05 Sep 2023 23:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41282

Actions (login required)

View Item View Item