PENINGKATAN KEPRIBADIAN RELIGIUS MELALUI YOUTUBE (Studi Kasus : Mahasiswa PAI 2019 UNJ)

LAILI RAHMADHANI, . (2023) PENINGKATAN KEPRIBADIAN RELIGIUS MELALUI YOUTUBE (Studi Kasus : Mahasiswa PAI 2019 UNJ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (946kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Kepribadian Religius Melalui Youtube dengan Studi Kasus Mahasiswa PAI 2019. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif guna bisa menggambarkan apa saja serta bagaimana peran media sosial youtube dalam peningkatan kepribadian religius. Peneliti memilih untuk mengangkat tema ini karena kehidupan pada zaman ini tidak lepas dari aplikasi media sosial salah satunya adalah aplikasi youtube yang banyak digunakan oleh semua orang termasuk mahasiswa PAI 2019 FIS UNJ. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang aplikasi youtube, teori uses and gratification, teori media sosial, teori glock and stark, dan teori nilai-nilai religius. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa youtube sebagai salah satu media sosial yang memiliki peran dalam meningkatkan empat nilai-nilai religius mahasiswa PAI 2019 UNJ. Keempat nilai itu adalah nilai ibadah, nilai jihad, nilai amanah dan ikhlas, serta nilai akhlak. Dalam hasil penelitian, youtube dapat menjadi media untuk meningkatkan kepribadian religius mahasiswa PAI 2019 melalui konten-konten yang tersedia. Konten-konten tersebut dapat memberikan motivasi kepada para penggunanya. Sehingga dalam kehidupannya terutama dalam bidang religius dapat membantu meningkatkan religiusitas para mahasiswa yang menggunakannya. This study aims to describe Increasing Religious Personality Through Youtube with a Case Study of 2019 PAI Students. In this study, researchers used descriptive qualitative research in order to be able to describe what and how the role of social media YouTube plays in increasing religious personality. The researcher chose to raise this theme because life in this era cannot be separated from social media applications, one of which is the YouTube application which is widely used by everyone, including 2019 PAI FIS UNJ students. Sources of data obtained from interviews and documentation. The theories used in this study are the theory of YouTube applications, the uses and gratification theory, the theory of social media, the theory of glock and stark, and the theory of religious values. The results of this study indicate that YouTube as a social media has a role in enhancing the four religious values of 2019 PAI UNJ students. The four values are the value of worship, the value of jihad, the value of trust and sincerity, and the value of morality. In the research results, YouTube can be a medium to improve the religious personality of 2019 PAI students through the available content. These contents can provide motivation to its users. So that in life, especially in the religious field, it can help increase the religiosity of students who use it.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Firdaus Wajdi, S.Th.I., MA., Ph.D. 2). Rudi Muh Barnansyah, M.Pd.I.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 19690 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:04
Last Modified: 08 Sep 2023 02:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41856

Actions (login required)

View Item View Item