HUBUNGAN KESADARAN DIRI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DENGAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI NARKOTIKA, PSIKOTROPIKA, DAN ZAT ADIKTIF LAINNYA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

NANDITA FAZRIATI, . (2023) HUBUNGAN KESADARAN DIRI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DENGAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI NARKOTIKA, PSIKOTROPIKA, DAN ZAT ADIKTIF LAINNYA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (876kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy

Abstract

Kesadaran diri adalah suatu kecerdasan emosional mengenai pemahaman diri baik itu emosi, pikiran, perasaan, perilaku, suasana dan dorongan hati. Kedisiplinan belajar siswa adalah sikap atau kebiasaan yang tumbuh dari dalam diri siswa yang menunjukkan kepatuhan atas suatu peraturan untuk mengarahkan siswa. Pemahaman konsep adalah kemampuan siswa untuk memahami suatu informasi atau materi pembelajaran yang dipelajarinya kemudian siswa tersebut dapat mengungkapkannya kembali dengan pengetahuan yang dimilikinya sehingga lebih mudah dimengerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kesadaran diri dan kedisiplinan belajar siswa dengan pemahaman konsep pada materi narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya selama pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 31 Jakarta pada bulan Juli tahun ajaran 2021/2022 dengan melibatkan sampel sebanyak 85 siswa kelas XII MIPA yang terpilih melalui teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kesadaran diri, instrumen kedisiplinan belajar siswa, dan instrumen pemahaman konsep selama pembelajaran jarak jauh. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan studi korelasional. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara kesadaran diri dan kedisiplinan belajar siswa dengan pemahaman konsep pada materi narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya selama pembelajaran jarak jauh memiliki korelasi rendah. Kesadaran diri dan kedisiplinan belajar siswa secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 7,1% terhadap pemahaman konsep pada materi narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya selama pembelajaran jarak jauh. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kesadaran diri dengan pemahaman konsep pada materi narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya selama pembelajaran jarak jauh, terdapat hubungan positif antara kedisiplinan belajar siswa dengan pemahaman konsep pada materi narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya selama pembelajaran jarak jauh, dan terdapat hubungan positif secara bersama antara kesadaran diri dan kedisiplinan belajar siswa dengan pemahaman konsep pada materi narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya selama pembelajaran jarak jauh. ***** Self-awareness is an emotional intelligence of self-understanding, be it emotions, thoughts, feelings, behavior, moods and intuition. Discipline of student learning is an attitude or habit that grows from within students that shows obedience to a rule to direct students. Conceptual understanding is the ability of students to understand an information or learning material they are learning then the student can express it again with the knowledge he has so that it is easier to understand. This study aims to analyze the correlation between self-awareness and discipline of student learning with concept understanding on narcotics, psychotropic, and other addictive substances during distance learning. This research was conducted at SMAN 31 Jakarta in July of the 2021/2022 academic year by involving a sample of 85 students of XII MIPA who were selected through simple random sampling technique. The data was collected by using self-awareness instruments, discipline of student learning instruments, and concept understanding instruments during distance learning. The method used is a descriptive quantitative method through correlational study technique. The research results show that correlation between self-awareness and discipline of student learning with concept understanding on narcotics, psychotropic, and other addictive substances during distance learning has a low correlation. Self-awareness and discipline of student learning together contribute 7,1% to concept understanding on narcotics, psychotropic, and other addictive substances during distance learning. The conclusion of this research show there is a positive correlation between self-awareness with concept understanding on narcotics, psychotropic, and other addictive substances during distance learning, there is a positive correlation between discipline of student learning with concept understanding on narcotics, psychotropic, and other addictive substances during distance learning, and there is a positive correlation between self-awareness and discipline of student learning with concept understanding on narcotics, psychotropic, and other addictive substances during distance learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Eka Putri Azrai, S.Pd., M.Si. ; 2). Erna Heryanti, S. Hut., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 20637 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:05
Last Modified: 12 Sep 2023 03:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42182

Actions (login required)

View Item View Item