ANALISIS PEMBENTUKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI MELALUI BUKU AJAR DOKUSAKU I

BALQIS SYAIFIA, . (2023) ANALISIS PEMBENTUKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI MELALUI BUKU AJAR DOKUSAKU I. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembentukan keterampilan abad 21 komunikasi dan kolaborasi peserta didik melalui penggunaan buku ajar Dokusaku I "Nobinobi Yomikaki". Munculnya pandemi COVID-19 yang berpengaruh pada kegiatan pembelajaran sangat mempengaruhi keterampilan peserta didik. Sedangkan tuntutan kebutuhan keterampilan dalam bertahan menghadapi tantangan kehidupan abad 21 semakin pesat. Hal tersebut yang melatarbelakangi penelitian ini, oleh karena itu peneliti melakukan penelitian terhadap pembentukan keterampilan abad 21 pada peserta didik melalui buku ajar yang telah dikembangkan sesuai dengan keterampilan abad 21. Analisis pada penelitian ini mengacu pada kriteria aspek keterampilan komunikasi dan kolaborasi yang dikemukakan oleh Fadel dan Triling, juga berpatokan pada teori pendekatan keterampilan komunikasi dan kolaborasi oleh Masukawa. Metode yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah dekskriptif kualitatif. Temuan dari penelitian ini adalah terbentuknya keterampilan komunikasi dan kolaborasi dengan menggunakan buku ajar Dokusaku I "Nobinobi Yomikaki". Keterampilan komunikasi dan kolaborasi paling sering terjadi pada sub bab hanashiaimashou (mari berdiskusi), karena pada sub bab ini terdapat semua indikator kedua keterampilan tersebut. Bukan hanya sekedar asal bicara, melainkan memenuhi kriteria esensial keterampilan komunikasi dan kolaborasi. ***** "This study aims to find out how to build students' 21st century communication and collaboration skills through the use of the Dokusaku I textbook "Nobinobi Yomikaki". The emergence of the COVID-19 pandemic which affected learning activities greatly affected the skills of students. Meanwhile, the demand for skills in surviving the challenges of 21st century life is increasing rapidly. This is the background of this research, therefore the researcher conducts research on the formation of 21st century skills in students through textbooks that have been developed according to 21st century skills. The analysis in this study refers to the criteria for aspects of communication and collaboration skills put forward by Fadel and Triling, also based on the theory of communication and collaboration skills approach by Masukawa. The method used is observation and documentation, while the analysis technique used is descriptive qualitative. The findings from this study are the formation of communication and collaboration skills using the Dokusaku I textbook "Nobinobi Yomikaki". Communication and collaboration skills most often occur in the hanashiaimashou (let's discuss) sub-chapter, because this sub-chapter contains all the indicators of both skills. Not just talking, but fulfilling the essential criteria of communication and collaboration skills."

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dr. Frida Philiyanti, M.Pd. ; 2.) Dwi Astuti Retno Lestari, M.Si., M.Ed.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 20464 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:01
Last Modified: 14 Sep 2023 01:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42246

Actions (login required)

View Item View Item