HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN KINESTETIK DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR TARI PIRING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP REGINA PACIS BOGOR

ARIANDINI, . (2023) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN KINESTETIK DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR TARI PIRING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP REGINA PACIS BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Ariandini, 2023. “Hubungan antara Kecerdasan Kinestetik dan Kepercayaan Diri Siswa dengan Hasil Belajar Tari Piring pada Siswa Kelas VIII di SMP Regina Pacis Bogor”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Tari, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Skripsi ini mengkaji permasalahan mengenai hubungan antara kecerdasan kinestetik dan kepercayaan diri siswa dengan hasil belajar tari piring pada siswa kelas VIII di SMP Regina Pacis Bogor. Masalah hasil belajar tari yang kurang maksimal dalam mencapai tujuan pembelajaran apakah berhubungan dengan beberasa aspek yaitu kecerdasan kinestetik dan kepercayaan diri siswa. Oleh karena itu, masalah ini menarik perhatian peneliti untuk dikaji, dengan harapan bahwa hasilnya akan memberikan manfaat bagi semua yang membacanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara: 1) Kecerdasan Kinestetik dengan Hasil Belajar Tari Piring; 2) Kepercayaan Diri siswa dengan Hasil Belajar Tari Piring; 3) Kecerdasan kinestetik dengan Kepercayaan Diri Siswa; 4) Kecerdasan Kinestetik dan Kepercayaan Diri sisea dengan Hasil Belajar Tari Piring pada siswa kelas VIII di SMP Regina Pacis Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional yang merupakan salah satu jenis penelitian non eksperimental. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Stratified Random Sampling dimana teknik pengambilan sampel satu kali tahapan dalam penelitian dengan jumlah populasi sebanyak 215 siswa dan sampel yang diperoleh sebanyak 139 siswa. Teknik pengumpulan data untuk variabel Y dan X1 menggunakan instrumen penilaian yaitu tes unjuk kerja. Sedangkan untuk mengetahui kepercayaan diri siswa teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Terdapat hubungan antara kecerdasan kecerdasan kinestetik dengan hasil belajar tari Piring dengan Pearson Correlation menunjukan 0,149 dan koefisien determinasi sebesar 82% (2) Terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar tari Piring dengan Pearson Correlation menunjukan 0,497 dan koefisien detreminasi sebesar 81% (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan kinestetik dan kepercayaan diri sebesar 0,002<0,05 dengan korelasi positif dan koefisien determinasi sebesar 68% (4) Terdapat hubungan antara X1 dan X2 dengan Y, hasil penelitian secara bersamaan diketahui koefisien determinasi sebesar 84%. Kemampuan mengontrol keefektifan gerak tari dan mengolah kesadaran sangat diperlukan dalam pembelajaran tari agar mencapai keberhasilan dalam belajar. Kecerdasan kinestetik dan kepercayaan diri siswa saling mempengaruhi dan dapat berkontribusi pada hasil belajar tari piring pada siswa kelas VIII di SMP Regina Pacis Bogor. Kata Kunci: Kecerdasan Kinestetik, Kepercayaan Diri, Hasil Belajar, Tari Piring. ***** ABSTRACT Ariandini, 2023. "Relationship between Kinesthetic Intelligence and Student Self-Confidence with Learning Outcomes of the Plate Dance in Class VIII Students at Regina Pacis Middle School, Bogor". Thesis, Dance Education Study Program, Faculty of Languages and Arts, Jakarta State University. This thesis examines the problem regarding the relationship between kinesthetic intelligence and student self-confidence with the learning outcomes of plate dance in class VIII students at SMP Regina Pacis Bogor. The problem of dance learning outcomes that are less than optimal in achieving learning goals is related to several aspects, namely kinesthetic intelligence and student self-confidence. Therefore, this problem attracts the attention of researchers to study, with the hope that the results will benefit all who read it. This study aims to find out how big the relationship is between: 1) Kinesthetic Intelligence and Learning Outcomes of the Plate Dance; 2) Student Confidence with Learning Outcomes of the Plate Dance; 3) Kinesthetic Intelligence with Student Confidence; 4) Kinesthetic Intelligence and Sisea Confidence with Learning Outcomes of the Plate Dance in class VIII students at Regina Pacis Middle School, Bogor. This study uses a quantitative research method with a correlational research design which is a type of non-experimental research. The data collection technique used the Stratified Random Sampling technique where the sampling technique took one stage in the study with a total population of 215 students and a sample of 139 students. The data collection technique for variables Y and X1 uses an assessment instrument, namely the performance test. Meanwhile, to find out students' self-confidence, data collection techniques used questionnaires. The results of this study indicate that: (1) There is a relationship between kinesthetic intelligence and learning outcomes of the Plate dance with the Pearson Correlation showing 0.149 and a determination coefficient of 82% (2) There is a relationship between self-confidence and learning outcomes of the Plate dance with the Pearson Correlation showing 0.497 and coefficient of determination of 81% (3) There is a significant relationship between kinesthetic intelligence and self-confidence of 0.002 <0.05 with a positive correlation and a coefficient of determination of 68% (4) There is a relationship between X1 and X2 with Y, the results of the study are simultaneously known coefficient of determination of 84%. The ability to control the effectiveness of dance movements and cultivate awareness is very necessary in learning dance in order to achieve success in learning. Kinesthetic intelligence and student self-confidence influence each other and can contribute to the learning outcomes of plate dance in class VIII students at SMP Regina Pacis Bogor Keywords: Kinesthetic Intelligence, Confidence, Learning Outcomes, Plate Dance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Dinny Devi Triana, M.Pd. ; 2). Tuteng Suwandi, S.Kar., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 20698 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2023 00:46
Last Modified: 14 Sep 2023 00:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42364

Actions (login required)

View Item View Item