HALIZAH AZZAHRA, . (2023) PENGARUH PERMAINAN BAHASA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS UMDATUR RASIKHIEN JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (442kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (355kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan berbagai permainan bahasa terhadap hasil belajar Bahasa Arab Siswa. Permainan Bahasa yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah TTS, Bingo, Kursi Bernomor, Strip Story, Berburu Tarkib dan Tusuk Kata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di MTS Umdatur Rasikhien Jakarta Timur. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-6 sampai VII-9. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII-9 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan kelas VII-6 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik random sampling. Kelas eksperimen adalah kelas yang melaksanakan pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan permainan bahasa, sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang melaksanakan pembelajaran Bahasa Arab tanpa menggunakan permainan bahasa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji hipotesis yang digunakan yakni uji-t pada derajat kepercayaan = 0,05. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu Uji Normalitas menggunakan Uji Liliefors dengan nilai signifikansi 0,200 pada kelas kontrol dan 0,153 pada kelas eksperimen lebih besar dari nilai signifikansi 0,05 dan Uji Homogenitas menggunakan Uji F dengan nilai signifikansi 0,287 lebih besar dari nilai signifikansi 0,05. Kemudian setelah itu dilakukan uji hipotesis dengan uji-t untuk melihat pengaruh permainan Bahasa terhadap hasil Belajar Bahasa Arab Siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan permainan Bahasa terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas VII MTs Umdatur Rasikhien. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian menggunakan uji-t pada tingkat signifikan 0,05, diperoleh t hitung 7,561 > t table 1,998, sehingga diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t table, yang berarti hipotesis penelitian diterima. Oleh karena itu, terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan permainan Bahasa terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa dan terdapat perbedaan hasil belajar dimana siswa yang diajarkan dengan permainan Bahasa memiliki rata-rata nilai lebih tinggi dibanding siswa yang diajarkan dengan metode ceramah. ***** This study aims to describe the effect of using various language games on students' Arabic learning outcomes. The language games that will be used in this study are crossword puzzles, bingo, numbered chairs, strip story, hunt for tarkib (berburu tarkib) and word skewers (tusuk kata). The research method used is the experimental method. This research was conducted at MTS Umdatur Rasikhien, East Jakarta. The population in this study consisted of students in class VII -6 to class VII -9. The sample in this study consisted of two classes, namely class VII-9 as an experimental class with a total of 32 students and class VII-6 as a control class with a total of 33 students. The sampling technique used is random sampling technique. The experimental class is a class that carries out Arabic learning using language games, while the control class is a class that carries out Arabic learning without using language games. The instrument used is a multiplechoice test instrument. The data analysis technique used is descriptive statistics and the hypothesis test used is the t-test at the degree of confidence = 0.05. Before testing the hypothesis, a requirements analysis test was carried out, namely the Normality Test using the Liliefors Test with a significance value of 0.200 in the control class and 0.153 in the experimental class greater than the significance value of 0.05 and the Homogeneity Test using the F Test with a significance value of 0.287 greater than the significance value 0.05. Then after that a hypothesis test was carried out with a t-test to see the effect of language games on students' Arabic learning outcomes. Based on the results of the study, it can be concluded that there is an influence on the use of language games on the Arabic language learning outcomes of class VII MTs Umdatur Rasikhien. This is evidenced by the test results using the t-test at a significant level of 0,05, obtained t count 7,561 > t table 1,998, so it is known that t count is greater than t table, which means the research hypothesis is accepted. Therefore, there is an significant influence between the use of language games on students' Arabic learning outcomes and there are differences in learning outcomes where students taught by language games have an average score higher than students taught by the lecture method.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Muhammad Kamal bin Abdul Hakim, M.A ; 2). Dr. Samsi Setiadi, M.Pd |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 20379 not found. |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 05:40 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 05:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42545 |
Actions (login required)
View Item |