PENGARUH IMPULSIVE BUYING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERCHANDISE K-POP MENGGUNAKAN X PAYLATER PADA FANDOM NCTZEN

DIVA FIRDA NABILA, . (2023) PENGARUH IMPULSIVE BUYING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERCHANDISE K-POP MENGGUNAKAN X PAYLATER PADA FANDOM NCTZEN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatabelakangi oleh munculnya fitur kredit digital paylater yang ditawarkan oleh e-commerce salah satunya adalah X Paylater yang menawarkan kemudahan bagi penggunanya untuk membeli barang tanpa harus membayar saat itu juga. Dari kemunculan paylater ini banyak pengguna yang memanfaatkannya hingga menumpuk utang pembayarannya karena menggunakan paylater ini untuk membeli barang dengan tujuan memenuhi keinginan sesaat tanpa mempertimbangkan konsekuensi penggunannya atau yang dikenal dengan impulsive buying. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh impulsive buying terhadap keputusan pembelian merchandise k-pop menggunakan X Paylater pada fandom NCTzen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online. Sampel dalam penelitian berjumlah 232 yang merupakan anggota fandom NCTzen dengan rentang usia 15 – 25 tahun dan pernah menggunakan X Paylater dalam pembelian merchandise k-pop yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Analisis statistika yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linear sederhana.Hasil dari penelitian menunjukan bahwa F=23,701 ; P =0,00 < 0,05. Dari hasil ini diketahui bahwa dalam penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara impulsive buying dengan keputusan pembelian merchandise k-pop menggunakan X Paylater pada fandom NCTzen. Impulsive buying memiliki pengaruh sebanyak 9,3% terhadap keputusan pembelian merchandise menggunakan X Paylater k-pop pada fandom NCTzen. Kata kunci: X Paylater, Impulsive Buying, Keputusan Pembelian, Merchandise, NCTzen. This research is motivated by the emergence of the digital paylater credit feature offered by e-commerce, one of which is X Paylater which offers convenience for its users to buy goods without having to pay directly right away. From the emergence of this paylater, many users have taken advantage of it to accumulate debt because they use this paylater to buy goods with the aim of fulfilling a momentary desire without considering the consequences of its use or what is known as impulsive buying. For this reason, this study aims to determine the effect of impulse buying on the decision to use X Paylater in purchasing k-pop merchandise in the NCTzen fandom. This study uses a quantitative method by distributing questionnaires online. There were 232 samples in the study who were members of the NCTzen fandom with an age range of 15-25 years and had used X Paylater to purchase k-pop merchandise obtained using a purposive sampling technique. The statistical analysis used in this research is simple linear regression analysis. The results of the study show that F=23.701 ; P =0.00 <0.05. From these results it is known that in this study there is a significant effect between impulsive buying and the decision to use a X Paylater in purchasing k-pop merchandise in the NCTzen fandom. Impulsive buying has an effect of 9.3% on the decision to use X Paylater in purchasing k-pop merchandise in the NCTzen fandom. Keywords: X Paylater, Impulsive Buying, Buying Decision, Merchandise, NCT

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hermeilia Megawati, S.Psi., M.A 2). Sri Juwita Kusumawardhani, M.Psi., Psikolog
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 19822 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:36
Last Modified: 18 Sep 2023 02:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42634

Actions (login required)

View Item View Item