ENI NURUL JANNAH, . (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB (Penelitian Eksperimen di MTsN 25 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (921kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (695kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (821kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Eni Nurul Jannah. “Pengaruh Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa (Penelitian Eksperimen di MTs Negeri 25 Jakarta)”. Skripsi. Jakarta :Jurusan PendidikanBahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri 25 Jakarta. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis quasi eksperimental desain control group design only. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MTsN 25Jakarta, dengan sampel siswa kelas VII-2 dengan jumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII-5 dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Sampling Purposive. Instrumen yang digunakan adalah penilaian akhir dengan memberikan 40 soal pada akhir kegiatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji analisis data yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Lilieforse dengan nilai 0,062 untuk kelas control dan 0,127 untuk kelas eskperimen yang mana lebih besar dari taraf signifikansi 0,05. Uji homogenitas menggunakan uji F dengan nilai signifikansi 0,891 > 0,05. Selain itu juga dapat dilihat dari rata-rata hasil post-test dengan menggunakan metode pembelajaran Teams Games Tournament sebesar 87,06 dengan nilai tertinggi 99 dan nilai terendah 70 . Sedangkan dengan menggunakan metode picture and picture nilai rata-rata hasil post-test adalah 83,01 dengan nilai terbesar 92 dan nilai terendah 69. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh t hitung 2,574> t tabel 2000. Sehingga diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t table, yang berarti hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh signifikan metode Teams Games Tournament terhadap keterampilan menulis bahasa Arab siswa dan terdapat perbedaan keterampilan menulis bahasa Arab siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran Teams Games Tournament memiliki rata-rata nilai lebih tinggi dibanding siswa yang diajarkan dengan metode pembejaran picture and picture. Kata kunci : Metode Pembelajaran, Teams Games Tournament, Keterampilan Menulis. **** ABSTRACT Eni Nurul Jannah. "The Effect of Teams Games Tournament (TGT) Learning Method on Students' Arabic Writing Skills (Experimental Research at MTs Negeri 25 Jakarta)". Skripsi. Jakarta :Department of Arabic Language Education, Faculty of Language and Arts, State University of Jakarta 2023. This study aims to determine the influence of the Teams Games Tournaments learning method on the Arabic writing skills of seventh grade students of MTsN 25 Jakarta. The learning method used in this research is the Teams Games Tournament learning method. This research is an experimental research with a type of quasi-experimental design control group design only. The study population was all MTsN 25Jakarta students, with a sample of students of VII-2 with a total of 27 students as a control class and students of VII-2 with a total of 31 students as an experimental class. The sampling technique is carried out by using the Purposive Sampling. The instrument used is the final assessment by giving 40 questions at the end of the activity. The data analysis technique used is descriptive statistics and the hypothesis test used is a t test with a significance level of 0.05. Before the hypothesis test was carried out, a data analysis test was carried out, namely a normality test using the Lilieforse test with a value of 0.062 for the control class and 0.127 for the experimental class which is greater than the significance level of 0.05. The homogeneity test uses the F test with significance values of 0.891 > 0.05. In addition, it can also be seen from the average post-test results using the Teams Games Tournament learning method of 87.06 with the highest score of 99 and the lowest score of 70. Meanwhile, using the picture and picture method, the average value of the post-test results was 83.01 with the largest score of 92 and the lowest score of 69. This is evidenced by the test results using the t test at the significance level of 0.05 obtained t count 2.574> t table 2000. So it is known that t test greater than t table, which means the research hypothesis is accepted. Thus there is an influence significance of the Teams Games Tournament method on students' Arabic writing skills and there are differences in Arabic writing skills of students taught by the Teams Games Tournament learning method have an average score higher than students taught by the picture and picture learning method. Keywords: Learning Methods, Teams Games Tournament, Writing Skills.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd ; 2). Dr. Puti Zulharby, M.Pd |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 20766 not found. |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 01:37 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 01:37 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42699 |
Actions (login required)
View Item |