SAFA ALIA PUTRI MILENIA, . (2023) PENGEMBANGAN BUKU KERJA (WORKBOOK) UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI PESERTA DIDIK SMK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (475kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (194kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (29kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku kerja dalam membantu peserta didik meningkatkan resiliensi diri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan model pengembangan dalam penelitian adalah Model Pengembangan desain Intruksional Analyze, Design, Develop, implement, dan Evaluation (ADDIE). Pada tahap analisis, peneliti melakukan penyebaran instrumen Connor Davidson Resilience Scale (CD-RISC 25) yang dilakukan di SMKN 39 Jakarta kepada seluruh kelas XI dengan jumlah responden 112 peserta didik. Selanjutnya, pada tahap desain, penelitian ini menggunakan aplikasi Canva sebagai alat pengembangan media buku kerja. Produk yang telah dikembangkan divalidasi oleh dua orang validator ahli, yaitu validator ahli media dan validator ahli materi. Hasil kalayakan validasi yakni, validator ahli media memberikan skor sebesar 85,4% (layak) dan validator ahi materi memberikan skor sebesar 94,6% (layak). Kesimpulan penelitian ini ialah buku bantuan diri yang telah dikembangkan dikategorikan Layak dengan rata-rata persentase 90%. Kedepannya, diharapkan buku ini dapat dilakukan uji coba secara luas sehingga dapat lebih efektif penggunaannya. Kata Kunci: Buku Kerja, Resiliensi, Reality Therapy, Peserta Didik This research aim to develop workbook to help students improve self-resilience. This research used the Research and Development (R&D) method, with Analyze, Design, Develop, Implement and Evaluation (ADDIE) design development model. In the analysis phase, researcher distributed the Connor Davidson Resilience Scale (CD-RISC 25) instrument which was carried out at SMKN 39 Jakarta to all sophomore students with 112 students as respondents. At the design stage, this research uses the Canva application as a workbook media development tool. The workbook then validated by two expert validators, the media expert validator and the material expert validator. The results are the media expert validator gave a sore 85.4% (decent) and the material expert validator gave a 94.6% (decent). The conclusion of this research is that self-help book that have been developed are categorized as Decent with average percentage of 90%. In the future, it is hoped that this book can be widely tested so that it can be used more effectively. Keywords: Workbook, Resilience, Reality Therapy , Students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Awaluddin Tjalla, M.Pd. ; 2). Wening Cahyawulan, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Users 18358 not found. |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 00:41 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 00:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42748 |
Actions (login required)
View Item |