PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBASIS APLIKASI TEACHMINT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

AI ROHMANIAR, . (2023) PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBASIS APLIKASI TEACHMINT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN (16)-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Flipped Classroom berbasis aplikasi Teachmint terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SDN Kenari 08 Pagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan desain penelitian posttest only control design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas V SDN Kenari 08 Pagi dengan kelas V-C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 responden dan kelas V-B sebagai kelas kontrol yan berjumlah 21 responden. Pengumpulan data menggunakan instrument tes berupa soal pilihan ganda (PG) dan uraian. Pengujian hipotesis menggunakan Uji Paired T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif model Flipped Classroom berbasis aplikasi Teachmint terhadap hasil belajar Matematika peserta didik kelas V di SDN Kenari 08 Pagi. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil uji hipotesis dengan perolehan T_hitung sebesar 5,673 dan T_tabel sebesar 2,015. Selain itu, rata-rata skor akhir yang didapat dari kelas eksperimen dengan menggunakan model Flipped Classroom berbasis aplikasi Teachmint lebih tinggi dibandingkan rata-rata skor akhir kelas kontrol yang hanya menggunakan model konvensional. Kelas eksperimen dengan rata-rata skor akhir sebesar 87,58 dan kelas kontrol dengan rata-rata skor akhir sebesar 79,24. Tidak hanya dilihat dari rata-rata skor akhir saja, pada saat proses pembelajarannya pun berbeda. Peserta didik dengan penggunaan model Flipped Classroom berbasis aplikasi Teachmint cenderung lebih aktif dan semangat karena pada saat sesi diskusi peserta didik sudah mempelajari materi tersebut di rumah sehingga pada saat pembelajaran di kelas dapat berdiskusi untuk memperkuat pengetahuan maupun memecahkan sebuah soal. ***** This study aims to determine the effect of Teachmint application-based Flipped Classroom model on the Mathematics learning outcomes of 5th grade elementary school at SDN Kenari 08 Pagi. This study uses a quantitative approach with experimental methods and uses a posttest only control design. The sample in this study was class V-C as the experimental class, totaling 24 respondents and class V-B as the control class, totaling 21 respondents. Data collection used a test instrument in the form of multiple choice questions (PG) and descriptions. Hypothesis testing using the Paired T-Test. The results of this study indicate that there is a positive influence of the effect Teachmint application-based Flipped Classroom model on the Mathematics learning outcomes of 5th grade elementary school at SDN Kenari 08 Pagi. This can be proven from the results of hypothesis testing with the acquisition of T-count is 5.673 and T-table of 2.015. In addition, the average final score obtained from the experimental class using the Flipped Classroom model based on the Teachmint application is higher than the average final score of the control class which only uses the conventional model. The experimental class with an average final score of 87.58 and the control class with an average final score of 79.24. Not only seen from the average final score, the learning process is also different. Students using the Flipped Classroom model based on the Teachmint application tend to be more active and enthusiastic because during the discussion session students have studied the material at home so that during class learning they can discuss to strengthen knowledge or solve a problem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 19919 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2023 05:58
Last Modified: 20 Sep 2023 05:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42769

Actions (login required)

View Item View Item