HAFSHAH AINUR ROFIQOH, . (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM FETIH 1453 : PENAKLUKKAN KONSTANTINOPEL (BERBAHASA ARAB). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (461kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (767kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (869kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film "Fetih 1453: Penaklukan Konstantinopel" yang menggunakan bahasa Arab klasik. Pengungkapan nilai-nilai pendidikan akhlak tersebut akan terlihat pada dialog antar tokoh dalam film tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang disusun menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan teknik analisis isi (content analysis). Sumber data yang digunakan adalah film sejarah "Fetih 1453: Penaklukan Konstantinopel (Arab)". Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat nilai-nilai pendidikan moral terhadap Allah Ta'ala sebanyak 4 nilai, di antaranya: tauhid Allah dengan 6 bukti, husnudzan dengan 3 bukti, dzikir Allah dengan 4 bukti, dan tawakkal kepada Allah dengan 5 bukti. Nilai-nilai pendidikan moral terhadap Rasulullah SAW sebanyak 1 nilai, yaitu salawat atas Rasulullah SAW dengan 1 bukti. Nilai-nilai pendidikan moral individual sebanyak 7 nilai, di antaranya: syukur dengan 1 bukti, kejujuran dengan 2 bukti, kesabaran dengan 1 bukti, ampunan dengan 3 bukti, kepandaian dengan 1 bukti, amanah dengan 2 bukti, dan keberanian dalam berbuat kebaikan dengan 4 bukti. Nilai-nilai pendidikan moral sosial sebanyak 3 nilai, di antaranya: musyawarah dengan 2 bukti, cinta tanah air dengan 1 bukti, dan amar ma'ruf nahi munkar dengan 1 bukti. Nilai-nilai pendidikan moral yang tercela sebanyak 4 nilai, di antaranya: iri dan dengki dengan 1 bukti, kesombongan dengan 2 bukti, kemarahan dengan 4 bukti, dan ghibah dengan 1 bukti. Jadi, total jumlah bukti yang ada adalah 45 bukti. Maka dalam penelitian ini, terdapat 18 bukti nilai-nilai pendidikan moral terhadap Allah, 1 bukti nilai-nilai pendidikan moral terhadap Rasulullah, 14 bukti nilai-nilai pendidikan moral individual, 4 bukti nilai-nilai pendidikan moral sosial, dan 8 bukti nilai-nilai pendidikan moral yang tercela. Terdapat 5 bentuk nilai pendidikan akhlak yang berbeda, yaitu nilai pendidikan akhlak terhadap Allah 40%, nilai pendidikan akhlak terhadap Rasulullah 2%, nilai pendidikan akhlak individu 31%, nilai pendidikan akhlak social 9%, dan nilai pendidikan akhlak tercela 18%. (2) Sultan Muhammad Al-Fatih menonjol sebagai tokoh utama dengan jumlah nilai pendidikan akhlak tertinggi, yang menjadi teladan bagi siswa. Kata kunci : Nilai, Pendidikan Akhlak, Film Sejarah, Fetih 1453 ***** This study aims to reveal the values of moral education in the movie "Fetih 1453: The Conquest of Constantinople" which uses classical Arabic. The disclosure of moral education values will be seen in the dialog between the characters in the film. The method used in this research is a descriptive qualitative method compiled using library research with content analysis techniques. The data source used is the historical movie "Fetih 1453: The Conquest of Constantinople (Arabic)". The research results show: (1) There are educational moral values towards Allah Almighty in 4 values, including: the oneness of Allah with 6 proofs, positive assumptions with 3 proofs, remembrance of Allah with 4 proofs, and reliance on Allah with 5 proofs. The educational moral value towards the Prophet Muhammad SAW is in 1 value, which is sending blessings upon the Prophet Muhammad SAW with 1 proof. The individual educational moral values consist of 7 values, including: gratitude with 1 proof, honesty with 2 proofs, patience with 1 proof, forgiveness with 3 proofs, vigilance with 1 proof, trustworthiness with 2 proofs, and courage in doing good with 4 proofs. The social educational moral values consist of 3 values, including: consultation with 2 proofs, love of the homeland with 1 proof, and enjoining what is right and forbidding what is wrong with 1 proof. The reprehensible educational moral values consist of 4 values, including: envy and malice with 1 proof, arrogance with 2 proofs, anger with 4 proofs, and backbiting with 1 proof. So, the total number of proofs available is 45. Thus, in this research, there are 18 proofs of educational moral values towards Allah, 1 proof of educational moral values towards the Prophet, 14 proofs of individual educational moral values, 4 proofs of social educational moral values, and 8 proofs of reprehensible educational moral values. Consisting of 5 different forms of educational moral values, which are educational moral values towards Allah 40%, educational moral values towards the Prophet 2%, individual educational moral values 31%, social educational moral values 9%, and reprehensible educational moral values 18%. (2) Sultan Muhammad Al-Fatih emerges as a main character who embodies the highest number of educational moral values and serves as an exemplary role model for students. Keywords: Values, Moral Education, Historical Movie, Fetih 1453
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Shafruddin Tajuddin, M.A. ; 2). Andri Ilham, SM,MA.Hum. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 19992 not found. |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 01:12 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 01:12 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42852 |
Actions (login required)
View Item |