ADINTYA ANNASAI DHIA KHARISMA, . (2023) Analisa Pola Ritme Fantaisie Hongroise Karya Johann Kaspar Mertz. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (962kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (210kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dari analisa pola ritme fantaisie hongroise oleh komponis Johann Kaspar Mertz. Penelitian merupakan penelitian kualitatif yang disertai dengan analisis isi. Data penelitian ini dikumpulkan dari kegiatan studi pustaka serta observasi. Proses analisis data ini sendiri dilakukan melalui reduksi data, penyajian, interpretasi, kemudian penarikan kesimpulan. Berdasarkan dari analisis karya solo Fantaisie Hongroise oleh komponis Johann Kaspar Mertz ditemukan karya ini memiliki beberapa pola irama yang merupakan ciri khas dari gaya Hungaria, salah satu yang tercatat pada penelitian Andrew Stroud yang dipublikasi pada tahun 2012 dengan judul Elements of Style Hongrois within Fantaisie Hongroise, Op.65, No. 1 by J.K. Mertz. Selanjutnya, gerakan berirama yang paling sering digunakan oleh Mertz adalah Alla Zoppa dan Anapest. Dalam bentuk Czardas memiliki 2 bagian yang merupakan ciri khas dari gaya Hungaria yang dimana 2 bagian yaitu adanya bagian lassu artinya lambat, dan friss artinya cepat, tetapi pada karya ini memiliki bagian pembuka atau intro yang dimana sebelum memulai dengan bentuk czardas pada karya ini. Setiap bagian memiliki 1 atau 2 tema dengan total 10 tema dan total seluruh birama yaitu 142 bar, seringnya ditemukan perubahan dinamika atau tempo pada karya ini, pada setiap tema dapat ditemukan 1 hingga 5 perubahan tempo dari tempo lambat “lugubre” hingga cepat “brillante”, serta dinamika pun dapat ditemukan 1 sampai 4 perubahan pada setiap temanya, dari dinamika lembut “pp”hingga terkeras “ff”. Pada gaya Hungaria tidak hanya bentuk karya yang memilikisebutannya tersendiri tetapi pola ritme menjadi ciri khas dalam gaya Hungaria, ditemukan 6 bentuk pola ritme dengan 2 pola ritme yang paling sering digunakan oleh Mertz pada karya ini yang membentuk ciri khas dari gaya Hungaria, bentuk pola ritme yang ditemukan yaitu Alla zoppa, Anapest, Spondee, Bokazo, Choriambus. Pada karya Fantaisie Hongroise memiliki 2 perubahan satuan waktuatau time signature, yaitu 4/4 dan 2/4, serta memiliki perubahan kunci dari A minor,A Mayor, F Mayor, dan berakhir ke A Mayor. Dapat disimpulkan bahwa pada karya ini pola ritme gaya Hongroise karya fantaisie hongroise oleh Johann kaspr Mertz didominasi oleh pola ritme Alla zoppa dan Anapest. Kata Kunci: Analisis pola ritme, pola ritme, tempo, dinamika. ***** Abstract: This research aims to describe the analysis of the rhythm pattern of fantaisie hongroise by composer Johann Kaspar Mertz. The research is qualitative research accompanied by content analysis. This research data was collected from literature study activities and observations. The data analysis process itself is carried out through data reduction, presentation, interpretation, then drawing conclusions. Based on the analysis of the solo work Fantaisie Hongroise by composer Johann Kaspar Mertz, it was found that this work has several rhythm patterns which are characteristic of the Hungarian style, one of which was recorded in Andrew Stroud's research published in 2012 with the title Elements of Style Hongrois within Fantaisie Hongroise, Op.65, No. 1 by J.K. Mertz. Furthermore, the rhythmic movements most frequently used by Mertz are Alla Zoppa and Anapest. In the Czardas form it has 2 parts which are characteristic of the Hungarian style, where the 2 parts are lassu, meaning slow, and friss, meaning fast, but this work has an opening or intro section which is before starting with the czardas form in this work. Each part has 1 or 2 themes with a total of 10 themes and a total of 142 bars, changes in dynamics or tempo are often found in this work, in each theme you can find 1 to 5 tempo changes from slow "lugubre" to fast "brillante" tempo. , and the dynamics can be found from 1 to 4 changes in each theme, from the soft dynamic "pp" to the loudest "ff". In the Hungarian style, not only the form of the work has its own name, but the rhythm pattern is a characteristic of the Hungarian style. There are 6 forms of rhythm patterns found with the 2 rhythm patterns most often used by Mertz in this work which form the characteristic of the Hungarian style, the form of the rhythm pattern which is found, namely Alla zoppa, Anapest, Spondee, Bokazo, Choriambus. The work Fantaisie Hongroise has 2 changes in time units or time signatures, namely 4/4 and 2/4, and has key changes from A minor, A Major, F Major, and ending to A Major. It can be concluded that in this work the rhythm pattern of the Hongroise style of the work fantaisie hongroise by Johann Kaspr Mertz is dominated by the rhythm patterns of Alla zoppa and Anapest. Keywords: Rhythm pattern analysis, rhythm patterns, tempo, dynamics.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sn. Hery Budiawan, S.Pd., M.Sn. ; 2). Raden Mas Aditya Andriyanto, S.Pd., M.Sn. |
Subjects: | Seni Musik > Musik Seni Musik > Literatur Musik |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Users 20825 not found. |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 00:25 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 00:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43026 |
Actions (login required)
View Item |