PARTISIPASI ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON-AKADEMIK BIDANG SENI SISWA AUTIS

YUSUF BACHTIAR MERDEKA, . (2024) PARTISIPASI ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON-AKADEMIK BIDANG SENI SISWA AUTIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan partisipasi orang tua, faktor pendukung dan faktor penghambat yang membuat orang tua dapat berpartisipasi dalam meningkatkan prestasi non-akademik bidang seni siswa autis di SLB Negeri 11 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan model Narrative inquiry. Penelitian dilaksanakan di sekolah dengan 2 pasangan orang tua yang mempunyai anak autis di kelas 4 SD dan 11 SMA di SLB Negeri 11 Jakarta dan memiliki prestasi non-akademik di bidang seni. Data penelitian ini diperoleh dengan observasi, dokumen, dan wawancara kepada orang tua dan pihak sekolah seperti guru kelas. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model Grounded theory dengan uji keabsahan yang digunakan adalah membercheck. Hasil penelitian menunjukkan 5 partisipasi yang dilakukan oleh orang tua yaitu dalam memilih kegiatan, memenuhi kebutuhan anak, berkomunikasi dengan guru, menjalani saran yang didapatkan dan memberikan kepercayaan kepada anak untuk mengembangkan bakat seninya untuk bisa prestasi. Selain itu faktor pendukung yang dirasakan oleh orang tua yaitu ketersediaan dalam meluangkan waktu, harapan yang dimiliki orang tua dan komunikasi yang dibangun guru kepada orang tua, sedangkan faktor penghambat yaitu tidak adanya ruang tunggu di sekolah bagi orang tua. ***** This research aims to find parental participation, supporting factors and inhibiting factors that enable parents to participate in improving the non-academic achievements in the arts of autistic students at SLB Negeri 11 Jakarta. The research method used is qualitative using the Narrative inquiry model. The research was carried out at a school with 2 pairs of parents who had autistic children in grades 4 of elementary school and 11 of high school at SLB Negeri 11 Jakarta and had non-academic achievements in the arts. This research data was obtained by observation, documents and interviews with parents and school officials such as class teachers. The data analysis used is Grounded theory model data analysis with the validity test used is member check. The research results show 5 participations carried out by parents, namely in choosing activities, meeting children's needs, communicating with teachers, following the advice they receive and giving confidence to children to develop their artistic talents so they can achieve. Apart from that, the supporting factors felt by parents are the willingness to spend time, the expectations that parents have and the communication that teachers build with parents, while the inhibiting factor is that there is no waiting room at school for parents.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Suprihatin ; 2). Lalan Erlani
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 21098 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2024 01:09
Last Modified: 26 Jan 2024 01:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43410

Actions (login required)

View Item View Item