MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN DENGAN MEDIA MANIK-MANIK UNTUK ANAK HAMBATAN PENDENGARAN DI KELAS VI SLB NEGERI 5 JAKARTA

DIAH NASTITI, . (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN DENGAN MEDIA MANIK-MANIK UNTUK ANAK HAMBATAN PENDENGARAN DI KELAS VI SLB NEGERI 5 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dengan teknik menyimpan menggunakan media manik-manik pada anak dengan hambatan pendengaran di kelas VI. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan data kuantitatif dari hasil tes, sedangkan data kualitatif dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah 4 anak dengan hambatan pendengaran di kelas VI SLB Negeri 5 Jakarta. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, pada siklus I 75% subjek sudah mampu mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) serta mencapai tujuan pembelajaran sedangkan pada siklus II 100% subjek sudah mampu melebihi nilai KKM dan mencapai tujuan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media manik-manik mampu meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dengan teknik menyimpan pada anak dengan hambatan pendengaran di kelas VI karena memiliki peran sebagai jembatan informasi dari guru kepada peserta didik saat melakukan penanaman konsep materi penjumlahan dengan teknik menyimpan. ***** The aim of the study was to improve the learning outcomes of dynamic addition math using bead media for children with hearing impairments in 6th grade SLB Negeri 5 Jakarta. The study used an action research method. Data collection uses quantitative data from test results, while qualitative data is collected by observation, interviews and documentation. The subjects in this study were 4 children with hearing impairments. The research was carried out in 2 cycles, in cycle I 75% of subjects were able to reach the passng grade and achieve learning objectives while in cycle II 100% of subjects were able to exceed the passing grade and achieve learning objectives. The results showed that bead media was able to improve students' learning outcomes because it had a role as a bridge of information from teachers to students when planting the concept of dynamic addition material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Murni Winarsih, M.Pd. ; 2). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 21051 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:47
Last Modified: 29 Jan 2024 04:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43558

Actions (login required)

View Item View Item