PENGARUH KETERLIBATAN SISWA PADA KEGIATAN TEACHING FACTORY MATA PELAJARAN LAUNDRY TERHADAP KESIAPAN SISWA DALAM MELAKUKAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN

MUHAMAD RIZKI, . (2024) PENGARUH KETERLIBATAN SISWA PADA KEGIATAN TEACHING FACTORY MATA PELAJARAN LAUNDRY TERHADAP KESIAPAN SISWA DALAM MELAKUKAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterlibatan siswa pada kegiatan Teaching factory mata pelajaran Laundry terhadap kesiapan siswa dalam melakukan praktik kerja lapangan (PKL). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan metode pengumpulan data menggunakan form kuesioner. Penelitian ini dilakukan di SMKN 57 Jakarta dan berlangsung selama 9 bulan. Responden pada penelitian ini berjumlah 104 siswa/i yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji signifikan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil persamaan nilai signifikan regresi sebesar Fhitung > Ftabel = 74,675 > 3,934 artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara keterlibatan siswa pada kegiatan Teaching factory terhadap kesiapan siswa dalam melakukan PKL. Selanjutnya diperoleh hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,423 atau sama dengan 42,3%, sehingga dapat disimpulkan bahwa kontribusi keterlibatan siswa pada kegiatan Teaching factory terhadap kesiapan siswa dalam melakukan PKL adalah sebesar 42,3%. Keterlibatan siswa pada kegiatan Teaching factory memiliki pengaruh terhadap kesiapan siswa dalam melakukan PKL. Siswa yang memiliki keterlibatan pada kegiatan Teaching factory yang tinggi akan memiliki tingkat kesiapan yang tinggi pula dalam melakukan PKL. Siswa diharapkan untuk konsisten dan terus terlibat aktif pada kegiatan Teaching factory tersebut agar memiliki kecakapan, serta kesiapan yang tinggi ketika melakukan PKL. ***** This research aims to determine the effect of student involvement in teaching factory activities in laundry subjects on students readiness of field work practice (PKL). The research method used is associative quantitative with data collection methods using a questionnaire form. This research was conducted at SMKN 57 Jakarta and lasted for 9 months. The respondents in this study were 104 students who were determined using purposive sampling techniques. The data analysis technique used is a significant regression test. The results of the research show that the results of the equation have a significant regression value of Fcount > Ftable = 74,675 > 3,934, meaning that there is a significant influence between student involvement in teaching factory activities on student readiness of out field work practice (PKL). Furthermore, the results obtained were a coefficient of determination (R2) of 0,423 or equal to 42,3%, so it could be concluded that the contribution of student involvement in Teaching factory activities to student readiness of out field work practice (PKL) was 42,3%. Student involvement in teaching factory activities has an influence on students' readiness of out field work practice (PKL). Students who have a high level of involvement in teaching factory activities will also have a high level of readiness of out field work practice (PKL). Students are expected to be consistent and continue to be actively involved in the teaching factory activities so that they have high skills and readiness of out field work practice (PKL).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Maya Oktaviani, S.Pd, M.Pd. ; 2). Mulyati, S.Pd, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 21361 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2024 05:13
Last Modified: 29 Jan 2024 05:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43584

Actions (login required)

View Item View Item