PENGARUH PEMANFAATAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER DI SMA NEGERI 61 JAKARTA

TRIESNA AYUNING TYAS, . (2024) PENGARUH PEMANFAATAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER DI SMA NEGERI 61 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan bahan ajar e-modul berbasis Canva terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas X pada materi dinamika litosfer di SMA negeri 61 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan jenis quasi eksperimen metode nonequivalent control group design yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel yang digunakan adalah kelas X-7 sebagai kelas eksperimen yang memanfaatkan pengaplikasian E-modul berbasis Canva saat proses pembelajaran dan X-8 sebagai kelas kontrol yang memanfaatkan buku ajar IPS kelas X Kurikulum Merdeka pada saat pembelajaran. Data yang diperoleh berasal dari nilai hasil pre-test dan post-test peserta didik yang mengacu kepada tingkatan kemampuan kognitif pada taksonomi Bloom. Teknik analisis data yang digunakan dalam analisis data penelitian ini adalah uji instrumen, uji data sebagai prasyarat analisis data, dan uji analisis data. Berdasarkan dari hasil pengujian, instrumen dinyatakan valid, reliabel, serta dinyatakan normal dan homogen. Berdasarkan hasil pengujian di lapangan, didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen mengalami kenaikan hasil belajar kognitif menjadi 88,64 dari 49,92. Sedangkan kelas kontrol mengalami kenaikan hasil belajar sebesar 83,56. dari 51,36. Kesimpulan ini didukung dengan perolehan nilai Sig. pada uji t (Independent sample t-test) sebesar 0,046 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, karena nilai Sig. < 0,05. Sehingga terdapat pengaruh positif dalam peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X di SMA Negeri 61 Jakarta setelah memanfaatkan bahan ajar E-modul berbasis Canva dalam pembelajaran geografi materi dinamika litosfer. Kata Kunci: Bahan Ajar, E-modul, Modul pembelajaran, Canva, Hasil Belajar Kognitif *** This study aims to determine the effect of utilizing Canva-based e-module teaching materials on the cognitive learning outcomes of class X students on the material of lithospheric dynamics at SMA Negeri 61 Jakarta. This research is an experimental type of research with a quasi-experimental type of nonequivalent control group design method that uses experimental classes and control classes. This study uses purposive sampling technique with the sample used is class X-7 as an experimental class that utilizes the application of Canva-based E-modules during the learning process and X-8 as a control class that utilizes the Merdeka Curriculum class X social studies textbook during learning. The data obtained comes from the scores of students' pre-test and post-test results which refer to the level of cognitive abilities in Bloom's taxonomy. The data analysis techniques used in the analysis of this research data are instrument tests, data tests as prerequisites for data analysis, and data analysis tests. Based on the test results, the instrument was declared valid, reliable, and declared normal and homogeneous. Based on the results of testing in the field, it was found that there was an influence on the learning outcomes of experimental class students. The experimental class experienced an increase in cognitive learning outcomes with 88,64 from 49,92. While the control class experienced an increase in learning outcomes with 83,56 from 51,36. This conclusion is supported by the acquisition of the Sig. value in the t-test (Independent sample t-test) of 0.046 which means H0 is rejected and Ha is accepted, because of the Sig value. < 0,05. So that there is a positive influence in improving the cognitive learning outcomes of class X students at SMA Negeri 61 Jakarta after utilizing Canva-based E-module teaching materials in learning geography material on lithosphere dynamics. Keywords: Teaching Materials, E-modules, Learning modules, Canva, Cognitive Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ode Sofyan Hardi., S.Pd., M.Si., M.Pd. ; 2). Dr. Cahyadi Setiawan, S.Si., M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 21174 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2024 01:51
Last Modified: 30 Jan 2024 01:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43740

Actions (login required)

View Item View Item