MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN SATU ANGKA MELALUI MEDIA PAPAN STICK PADA PESERTA DIDIK CEREBRAL PALSY KELAS V DI SLB D-D1 YPAC JAKARTA

LINA KURNIA, . (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN SATU ANGKA MELALUI MEDIA PAPAN STICK PADA PESERTA DIDIK CEREBRAL PALSY KELAS V DI SLB D-D1 YPAC JAKARTA. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (481kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/author

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian satu angka bagi peserta didik cerebral palsy dengan menerapkan penggunaan media papan stick. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain rencana tindakan adaptasi dari model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data keseluruhan diolah dengan teknik analisis data kualitatif melalui proses reduksi data, penyajian data kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik cerebral palsy tipe spastik berjumlah 3 orang dengan masing-masing peserta didik memiliki karakteristik kemampuan matematika yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga peserta didik cerebral palsy kelas V mengalami peningkatan keterampilan operasi hitung perkalian satu angka secara signifikan setelah diterapkannya penggunaan media papan stick, hasil peningkatan tersebut berdasarkan analisis dari observasi kemampuan awal, pengamatan setiap siklus, dan refleksi serta data hasil evaluasi tes siklus peserta didik. Penggunaan media pembelajaran papan stick telah terbukti membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian satu angka. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk terkait penggunaan media papan stick pada tingkatan kemampuan operasi hitung perkalian yang lebih tinggi dari kemampuan operasi hitung perkalian satu angka. ***** The purpose of this study was to improve the ability of one-digit multiplication calculation operation for cerebral palsy students by applying the use of stick board media. This research uses the Classroom Action Research (PTK) method with an adapted action plan design from the Kemmis and Mc. Taggart model. This research is quantitative-qualitative research with data collection techniques are carried out through observation, interviews, and documentation, then the overall data is processed with qualitative data analysis techniques through the process of data reduction, data presentation and then drawing conclusions. The subjects in this study were 3 spastic type cerebral palsy students with each student having different characteristics of mathematical ability. The results showed that three fifth grade cerebral palsy learners experienced a significant increase in one-digit multiplication calculation skills after the implementation of the use of stick board media, the results of the increase were based on analysis of initial ability observations, observations of each cycle, and reflections as well as data from the evaluation of students' cycle tests. The use of stick board learning media has been proven to help students in improving the ability of one-digit multiplication counting operations. Further research is needed on the use of stick board media at higher levels of multiplication calculation skills than one-digit multiplication calculation skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. M. Arief Taboer, M.Pd. ; 2). Riana Bagaskorowati, M.Si., Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Lina Kurnia .
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:26
Last Modified: 31 Jan 2024 02:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43752

Actions (login required)

View Item View Item