MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 PADA SISWA TUNAGRAHITA MELALUI PERMAINAN LOMPAT KARTU BILANGAN

LARASATI PUTRI PRISKASARI, . (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 PADA SISWA TUNAGRAHITA MELALUI PERMAINAN LOMPAT KARTU BILANGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (736kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (770kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa tunagrahita kelas V di SLB B&C Dian Kahuripan dalam mengenal lambang bilangan 1-10. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Desember 2023. Penelitian ini dilakukan dengan model penelitian tindakan kelas Kemmis & Taggart yang melibatkan 4 orang siswa tunagrahita sebagai subjek penelitian. Fokus penelitian ini adalah menerapkan permainan lompat kartu bilangan sebagai variasi dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada siswa tunagrahita. Pada pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya mencakup tahapan perencanaan, tindakan dan observasi serta refleksi. Data diperoleh dari hasil pengamatan selama tindakan berlangsung serta hasil tes kemampuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan kartu bilangan yang menyenangkan, interaktif dan menggunakan benda visual dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa tunagrahita dalam mengenal lambang bilangan 1-10 yang ditunjukkan pada peningkatan hasil tes kemampuan sebagian besar siswa yaitu sebanyak 20 poin dari tes pra siklus. Penelitian ini menunjukkan bahwa permainan lompat kartu bilangan mampu membantu meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan siswa tunagrahita. ***** This classroom action research aims to improve the ability of fifth-grade students with intellectual disabilities at SLB B&C Dian Kahuripan in recognizing number symbols from 1 to 10. The research was conducted from July to December 2023, following the Kemmis & Mc Taggart classroom action model. This research involving four students with intellectual disabilities as reseacrh subjects. The focus of the study was to implement a number card jumping game as a variation to enchance the ability to recognize number symbols from 1 to 10 in students with intellectual disabilities. The research consist of two cycle, each including planning, action, observation and reflection stages. Data were obtained from observations during actions and students test results. The finding indicate that the use of an enjoyable, interactive, and visually oriented number card jump game can help improve the understanding of students with intellectual disabilities in recognizing number symbols from 1 to 10, as reflected in a significant increase in test scores, with most students gaining 20 points compared from the pre-cycle test. This reseacrh demonstrates that the number card jump game is effective in enchancing the ability to recognizing number symblos in students with intellectual disabilities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Bahrudin, M.Pd. ; 2). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 21261 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:39
Last Modified: 30 Jan 2024 04:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43813

Actions (login required)

View Item View Item