PEMANFAATAN LIMBAH BAN(CRUMB RUBBER) SEBAGAI BAHAN TAMBAH AGREGAT HALUS TERHADAP KUAT TEKAN DAN MODULUS ELASTISITAS BETON.

MUHAMMAD RYANZA MUBA, . (2020) PEMANFAATAN LIMBAH BAN(CRUMB RUBBER) SEBAGAI BAHAN TAMBAH AGREGAT HALUS TERHADAP KUAT TEKAN DAN MODULUS ELASTISITAS BETON. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (618kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (23MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Ryanza Muba , Pemanfaatan Limbah Ban (crumb rubber) Sebagai Bahan Tambah Agregat Halus Terhadap Kuat Tekan Dan Modulus Elastisitas Beton. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta 2019. Beton banyak dipakai sebagai struktur bangunan, karna beton mempunyai kuat tekan yang cukup tinggi. Inovasi yang dilakukan untuk meningkatkan kuat tekan salah satunya dengan cara memberikan bahan tambah bahan anorganik dalam campuran beton. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan limbah karet ban dalam sebagai bahan tambah kedalam campuran beton dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh limbah karet ban dalam sebagai bahan tambah pada kuat tekan dan modulus elastisitas beton dengan variasi persentase 0%, 2,5%, 5%, 7,5% dan 10% terhadap volume beton. Treatmen dilakukan di Laboratorium Uji Bahan Universitas Negeri Jakarta, dan pengujian dilakukan di Laboratorium PT. Torsina Redikon. menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini karet ban bekas yang digunakan adalah karet ban dalam sepeda motor, ukuran yang digunakan ketebalan 0,15 mm – 1 mm dan panjang 1mm – 5 mm. Benda uji yang dibuat berbentuk silinder dengan diameter 150 mm dan tinggi 300 mm yang mana kuat tekan rencana fc’ 30 MPa, FAS 0,46 dan slump 250 mm-750 mm. Pengujian kuat tekan beton mengacu pada SNI 03-1974-2011 dan pengujian Modulus elastisitas beton mengacu pada SNI-T-15-1991 Hasil penelitian menunjukan penambahan serat limbah karet ban dalam pada kuat tekan beton dengan variasi persentase 0%, 2,5%, 5%, 7,5% dan 10% terhadap volume agregat halus beton berturut-turut sebesar 12,17 MPa, 17,13 MPa, 15,28 MPa, 14,12 MPa, 12,31 MPa, serta hasil rata-rata modulus elastisitas berturut-turut sebesar 11912,20 , 36911,33, 16068, 21660,71, dan 25358,17. Dengan demikian diperoleh kuat tekan titik optimum pada variasi 2,5% sebesar 17,13 MPa dan diperoleh titik optimum modulus elastisitas beton pada variasi serat 2,5% sebesar 36911,33. Kata Kunci : Beton crumb rubber, Limbah Karet Ban Dalam, Modulus Elastisitas, Kuat Tekan Beton ABSTRACT Muhammad Ryanza Muba, Utilization of Crumb Rubber as a Fine Aggregate Add Material for Compressive Strength and Modulus of Concrete Elasticity. Thesis. Jakarta: Building Engineering Education Study Program, Jakarta State University 2019. Concrete is a material that is often used in construction because concrete has a high compressive strength. One of the innovations made to increase the compressive strength is by adding inorganic materials to the concrete mixture. This research was conducted by using rubber tire waste as an added material into the concrete mixture and aims to determine the effect of tire rubber waste as an added material on the compressive strength and modulus of elasticity of concrete with a variation of 0%, 2.5%, 5%, 7, 5% and 10% of the volume of concrete. Treatmrent was carried out at the Jakarta State University Material Testing Laboratory, and testing was carried out at the Laboratory of PT. Torsina Redikon. using the experimental method. In this study used tire rubber used is rubber tire in a motorcycle, the size used is thickness 0.15 mm - 1 mm and length 1mm - 5 mm. Using a cylindrical specimen with a diameter of 150 mm and a height of 300 mm which is the compressive strength of the plan fc '30 MPa, FAS 0.46 and slump 250 mm-750 mm. Concrete compressive strength testing refers to SNI 03-1974-2011 and concrete elasticity modulus testing refers to SNI-T-15-1991 The results showed the addition of waste rubber tire fibers in the compressive strength of concrete with a percentage variation of 0%, 2.5%, 5%, 7.5% and 10% to the volume of fine concrete aggregate respectively 12.17 MPa, 17, 13 MPa, 15.28 MPa, 14.12 MPa, 12.31 MPa, and the average yield of modulus of elasticity were 11912.20, 36911.33, 16068, 21660.71, and 25358.17. Thus the optimum compressive point strength was obtained at 2.5% variation of 17.13 MPa and the optimum point of modulus of elasticity of concrete obtained at 2.5% fiber variation was 36911.33. Keywords: Crumb rubber concrete, Inner Rubber Waste, Modulus of Elasticity, Compressive Strength of Concrete

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Anisah, MT ; 2). R.Eka Murinugraha, M. Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 1480 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2020 23:04
Last Modified: 07 Apr 2020 23:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4421

Actions (login required)

View Item View Item