UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY KELAS II SDN KARET 01 PAGI JAKARTA SELATAN

YAKOB MEADI TSE, . (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY KELAS II SDN KARET 01 PAGI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER .pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB 1pdf.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB 2pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKApdf.pdf

Download (130kB)
[img] Text
LAMPIRAN pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn melalui metode inquiry kelas II SDN Karet 01 Pagi Jakarta Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta kelas II SD yang berjumlah 20 orang. Waktu peneletian ini dilaksanakan pada semeter II, tahun ajaran 2022/2023, yakni pada bulan Mei-Juni 2023. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model kemsis dan Mc. Tanggar dengan empat tahapan prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket keaktifan belajar dan angket pemantauan tindakan model pembelajaran inquiry hasil penelitian dengan menerapkan model inquiry dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas II. Pada I, perolehan skor dari angket kekatifan belajar sebesar 30% dan siklus II, perolehan skor dari angket keaktifan sebesar 80%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan keaktifan belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II sebesar 50%. Dengan demikian pembelajaran melalui model inquiry dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada materi hubungan simbol dan bunyi sila-sila pancasila. oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inquiry dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas II SDN Karet 01 Pagi Jakarta Selatan. ***** This classroom action research aims to increase student learning activeness in Civics learning through the inquiry method for class II SDN Karet 01 Pagi South Jakarta. The subjects in this study were 20 class II elementary school participants. When this research was carried out in semester II, the 2022/2023 academic year, namely in May-June 2023. This classroom action research was carried out using the Kemsis and Mc. Dater with four stages of research procedures including planning, implementation of action, observation, and reflection. Data collection was carried out using a learning activeness questionnaire and an action monitoring questionnaire. The inquiry learning model results from research by applying the inquiry model to increasing the learning activeness of class II students. In I, the score obtained from the learning activity questionnaire was 30% and in cycle II, the score obtained from the activity questionnaire was 80%. This shows an increase in the active learning of students from cycle I to cycle II by 50%. This learning through the inquiry model can increase the active learning of students in the material of the relationship between symbols and the sound of the Pancasila precepts. therefore, it can be concluded that the use of the inquiry method can increase the learning activity of class II students at SDN Karet 01 Pagi South Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd. ; 2). Indah Wardatussa’idah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 21480 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2024 23:48
Last Modified: 04 Feb 2024 23:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44395

Actions (login required)

View Item View Item