IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMKN 57 JAKARTA

NURRAHMAH MAZRIA, . (2024) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMKN 57 JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (548kB)
[img] Text
02. BAB 1.pdf

Download (133kB)
[img] Text
03. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text
04. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text
05. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
06. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] Text
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian untuk menjelaskan bagaimana Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran sejarah di SMKN 57 Jakarta, mengetahui dampak dari pelaksanaan Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran sejarah di SMKN 57 Jakarta, dan mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi guru terhadap Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran sejarah di SMKN 57 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang digunakan sebagai sumber penelitian adalah wawancara, observasi, serta dokumen perangkat pembelajaran guru dan tugas siswa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan teknik triangulasi dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap perencanaan, guru sejarah memilih dimensi profil pelajar Pancasila yang akan diintegrasikan dalam perangkat pembelajaran yaitu modul ajar. Pada tahap pelaksanaan, guru sejarah akan menjalankan proses implementasi profil pelajar Pancasila melalui langkah- langkah kegiatan pembelajaran. Tahap asesmen atau penilaian, guru sejarah melakukan suatu penilaian dalam bentuk pengamatan dan atau mengisi rubrik. Kendala kendala yang dialami guru sejarah dalam mengimplementasikan profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran sejarah antara lain dengan beban mengajar, materi ajar yang padat,perbedaan karakteristik siswa, kurangnya pelatihan dan sosialisasi tentang implementasi profil pelajar Pancasila dalam kegiatan intrakurikuler, peserta didik yang banyak mengikuti kegiatan sekolah di jam pelajaran sejarah. Kurangnya pelatihan bagi guru terkait implementasi profil pelajar Pancasila dalam kegiatan pembelajaran menjadi kendala yang cukup serius oleh guru sejarah. The aim of the research is to explain how the Pancasila Student Profile is implemented in history learning at SMKN 57 Jakarta, to find out the impact of implementing the Pancasila Student Profile in history learning at SMKN 57 Jakarta, and to describe the obstacles teachers face in implementing the Pancasila Student Profile in history learning at SMKN 57 Jakarta. The method used in this research is qualitative method. The data used as research sources are interviews, observations, as well as documents on teacher learning tools and student assignments. The data obtained was then analyzed using triangulation techniques and data interpretation. The research results show that at the planning stage, history teachers choose the dimensions of the Pancasila student profile that will be integrated into learning tools, namely teaching modules. At the implementation stage, the history teacher will carry out the process of implementing the Pancasila student profile through steps in learning activities. In the assessment stage, the history teacher carries out an assessment in the form of observations and/or filling in a rubric. The obstacles experienced by history teachers in implementing the Pancasila student profile in history learning include the teaching load, dense teaching materials, differences in student characteristics, lack of training and socialization regarding the implementation of the Pancasila student profile in extracurricular activities, students who take part in many school activities. in history class. The lack of training for teachers regarding the implementation of the Pancasila student profile in learning activities is a serious obstacle for history teachers.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Sarkadi, M.Si 2. Dr. M. Fakhruddin, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Nurrahmah Mazria .
Date Deposited: 19 Feb 2024 02:11
Last Modified: 19 Feb 2024 02:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44921

Actions (login required)

View Item View Item