PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS WEB BASED LEARNING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

KINANTI ALMA LIA, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS WEB BASED LEARNING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (771kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (257kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media yang sudah teruji dan layak digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran yang akan membuat peserta didik lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran dan membantu peserta didik dalam memahami materi kebudayaan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Rawamangun 09 sebanyak 29 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis web based learning pada IPS materi Indonesiaku kaya budaya kelas IV SD layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan perolehan rata-rata skor pada tahap uji ahli sebesar 87,83%, sehingga mendapatkan kategori sangat baik. Pada tahap one to one evaluation, ketiga peserta didik memberikan respon wawancara yang positif, lalu pada tahap small group pada lima peserta didik mendapatkan rata-rata skor sebesar 90% dengan kategori sangat baik, dan kemudian pada tahap field test evaluation bersama lima belas peserta didik mendapatkan skor 92,5% dengan kategori sangat baik. Pada uji efektivitas terjadi peningkatan yang dapat dilihat dari nilai N-Gain sebesar 68,51%. Dari rangkaian penilaian yang dilakukan media pembelajaran berbasis web based learning dinyatakan layak digunakan sebagai media penunjang dalam mempelajari materi Indonesiaku kaya budaya pada mata pelajaran IPS untuk kelas IV SD. ***** This research aims to produce a tested and suitable media for teachers to use as a learning tool that will enhance students' enthusiasm in the learning process and assist them in understanding cultural materials. The research and development utilize the ADDIE model. The respondents in this study are 29 students from the 4th grade of SDN Rawamangun 09. Data collection is obtained through interviews and questionnaires. The research results indicate that the web-based learning media on the cultural richness of Indonesia in the 4th-grade Social Studies (IPS) class is deemed suitable for use, with an average score of 87.83% in the expert validation phase, categorized as excellent. In the one-to-one evaluation stage, all three students provided positive interview responses. In the small group stage, five students achieved an average score of 90%, categorized as excellent. Furthermore, in the field test evaluation stage with fifteen students, a score of 92,5% was obtained, also categorized as excellent. In the effectiveness test, there is an improvement that can be seen from the N-Gain value of 68.51%.Based on the series of assessments conducted, the web-based learning media is considered suitable for use as a supportive tool in studying the rich cultural content of Indonesia in the Social Studies subject for 4th-grade students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Herlina, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Ir. Arita Marini, M.E.
Subjects: Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 22114 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:16
Last Modified: 19 Feb 2024 03:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44957

Actions (login required)

View Item View Item